Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

web mail
kalender
SERBA SERBI
UPBS
satulayanan
Sinar Tani

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 13 Tamu online
Berita
Tausiyah di musyala Al-Iklas BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 23 Februari 2014 20:32
Dalam rangka meningkatkan keImanan dan kerukunan karyawan BPTP Bengkulu untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi. Maka pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2014 dilaksanakan ceramah agama di Musholla Al-Iklas BPTP Bengkulu yang bertemakan Ibadah.

Ceramah agama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan setiap hari Jumat minggu ketiga. Sebagai penceramah Ustad Suherman S.Ag. Moto ceramah seputar peningkatan etos kerja pegawai. Sebelum ceramah agama disampaikan, kepala BPTP Bengkulu menyampaikan kata sambutan yang intinya memotivasi seluruh karyawan untuk tetap bekerja dengan baik penuh keiklasan, dan motivasi yang tinggi agar tujuan BPTP bengkulu sebagai institusi yang bertugas melakukan pengkajian dan diseminasi untuk mendukung pembangunan pertanian di Propinsi Bengkulu dapat tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pada kesempatan yang sama dihadiri oleh anak magang dari SMK N Mukomuko Bengkulu Utara. Diakhir ceramah diberi kesempatan pada ha
dirin untuk Tanya jawab.
LAST_UPDATED2
 
Workshop Advokasi KATAM Terpadu sebagai pembekalan Tim Gugus Tugas di BPTP PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 18 Februari 2014 12:46
Menghadapi masuknya musim tanam II, Gugus Tugas Katam Terpadu di BPTP seluruh Indonesia melakukan koordinasi dan sinkronisasi untuk Implementasi Katam di bawah koordinasi BBSDLP. Kegiatan ini dibungkus dalam bentuk workshop “Advokasi Kalender Tanam Terpadu MT II 2014 dan Teknologi Inovasi Pengelolaan Sumberdaya Lahan Pertanian.”

Dalam arahannya Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala BB Pengkajian, Dr. Agung Hendriadi, M.Eng, kembali mengingatkan fungsi Gugus Tugas Katam di BPTP agar dijalankan dengan sungguh-sungguh tugas yang diamanahkan.

Adapun tupoksi Gugur Tugas Katam Terpadu adalah: 1) Mendukung dan terlibat aktif dalam proses penyusunan Kalender Tanam Terpadu hingga siap di uppload/launching, bersama peneliti lainnya yang dikoordinasikan oleh BBSDLP; 2) Melaksanakan sosialiasi dan advokasi serta verifikasi lapang dan uji efektivitas dalam penajaman dan akurasi Katam Terpadu; 3) Melaksanakan monitoring dan evaluasi kejadian, perkembangan dan gejala ancaman kekeringan, banjir, eksplosifitas OPT, pola tanam, penggunanan VUB, pupuk, dll dalam rangka antisipasi dan adaptasi perubahan iklim dan dalam dan penyusunan Katam Terpadu; 4) Melakukan pengkajian dan identifikasi gejala serta dampak PI pada sektor pertanian, dan melakukan prediksi iklim lokal (spesifik lokasi) dan identifikasi teknologi adaptif spesfik lokasi (sederhana/local wisdom) atau melakukanj uji adaptasi teknologi/VUB adaptif untuk perubahan iklim; (5) Mengelola Stasiun Cuaca Otomatik (AWS) atau Stasiun Klimatologi Badan Litbang Pertanian di wilayah kerja dan/atau menjadi tanggungjawab BPTP.

Worskhop yang dilaksanakan di Auditorium Ir Sadikin Sumintawikarta tanggal 11-13 Februari 2013 diisi materi dari berbagai narasumber yang kompeten, tidak hanya dari lingkup Litbang, namun juga dari Perguruan Tinggi. Secara umum, dalam workshop ini peserta selain memperoleh materi yang bersifat teknis aplikatif, juga memperoleh banyak informasi yang akan menambah wawasan peserta mengenai teknologi adaptasi perubahan iklim dalam memperkirakan penjadwalan tanam dan rekomendasi teknologinya.  Diharapkan, Gugus Tugas Katam di BPTP tidak hanya baik performanya dalam melaksanakan tupoksinya, namun mampu menyelaraskannya menjadi kegiatan yang kuat bernuansakan scientific. (sumber : http://bbp2tp.litbang.deptan.go.id/ tanggal 12 Februari 2014)

LAST_UPDATED2
 
Kuker Wamen RI ke Desa Bukit Peninjauan I Kabupaten Seluma PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 09 Februari 2014 23:04
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Bengkulu, Sabtu (8/2), untuk menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014.

Berkunjung ke Bengkulu, Presiden ditemani sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu seperti Menteri Pertanian, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Di Bengkulu, telah hadir juga sejumlah menteri yang datang beberapa hari lalu seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

Pada hari minggu tanggal 9 Februari hadir dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional di Bengkulu, Menteri Pertanian yang diwakili oleh Wakil Menteri Pertanian RI (Dr. Rusman Heriawan), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Hortikultura (Dr. Prama Yufdi), Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Dr. Misyu Isutoto), Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian yang di wakili oleh Ibu Ir. Maesti Marsudirini,M.Si (Penanggung Jawab MKRPL BBP2TP), Kepala Pusat Ketahanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Ibu Ir. Sri Sulihanti,M.Si, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dr. Winny Dian Wibawa, M.Sc beserta ajudan Wamentan.

Setelah menghadiri puncak acara HPN di Benteng Marlborogh bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada siang harinya rombongan Wamentan mengujungi Desa Bukit Peninjauan I Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Wamentan disambut oleh a Bupati Seluma Bundra Jaya, SH dan Sekda Kabupaten Seluma. Desa Bukit Peninjauan I adalah desa percontohan untuk  Kawasan Rumah Pangan Lestari yang mendapatkan pembinaan dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan BPTP Bengkulu.

Wamen dan rombongan disambut oleh tarian persembahan sekapur sirih dari sanggar SMP N 7 Kabupaten Seluma. Dilanjutkan dengan kunjungan ke Kebun Bibit Desa di Desa Bukit Peninjauan I (BP I). Bukit Peninjauan I memiliki 3 MKRPL yang di lounching Agustus 2012 jadi KBD di Bukit Peninjuan 1 sudah masuk tahun 3 yang dibantu dari Pemerintah Daerah dan BPTP Bengkulu.

MKRPL di BP I diberi istilah oleh Gubernur Bengkulu Model Pengembangan Pekarangan Terpadu karena garapan itu binaan secara terpadu semua SKPD dan BPTP sebagai teknis, teknologi dan pembinaan. Komponen kebun bibit desa : sayuran, peternakan, perikanan, Percontohan hidroponik berisi lele.

Sambutan Kepala Desa BP I (Mahyudin) mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dr Rusman Heriawan dan rombongan telah meluangkan waktu  berkunjung ke Bukit PeninjuanI. Desa Bukit Peninjauan 1 merupakan desa percontohan kegiatan MKRPL. Dari segi perekonomian dengan adanya KRPL menghemat Rp. 25.000,- s/d Rp. 30.000,-per rumah tangga.

Wamen sangat berkesan dengan hasil dari Bukit Peninjauan 1 dan juga hasil produk olahan dari ibu-2 antara lain : jus tomat, selai terung.  BP1 merupakan center dari suatu kawasan yang disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari. KRPL baru populer 3 tahun ini dan sudah diakui PBB. Motor dari KRPL adalah Bibit Kebun Desa. Tujuan utama dari KRPL adalah sisi ekonomi dapat berhemat. Selamat untuk Kades supaya dapat ditingkatkan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pertanian, bersama-sama dengan Bupati Kab. Seluma, Sekda, Kepala BPTP Bengkulu menanam mangga bengkulu dari Kabupaten Bengkulu Utara untuk dapat dikembangkan di Desa Bukit Peninjauan I Kab. Seluma. Dikemukakan pula bahwa Kementerian Pertanian akan sangat mendukung upaya daerah untuk mengembangkan mangga bengkulu sebagai salah satu sentra produksi buah-buahan khususnya kab seluma, dengan menyediakan bibit. Terakhir Bapak Wamen dan rombongan mengikuti TEMU WICARA di lapangan dan pameran ternak kegiatan PSDSK.

Kunjungan di lapangan Desa Bukit Peninjauan I diawali dengan meninjau lokasi pameran ternak sapi potong di Kabupaten Seluma. Ternak yang dipamerkan adalah ternak sapi Bali Unggul dan Simental pemenang lomba kontes ternak tingkat Provinsi Bengkulu, sapi betina hasil program penyelamatan betina bunting, ternak sapi pejantan unggul jenis sapi Bali dan Persilangan. Temu wicara yang menyalurkan aspirasinya yaitu PPL BPP Sukaraja (Yanris), Petani (Akraludin), THL Penyuluh dan peternak penerima dana LM3 (Ceceng).

LAST_UPDATED2
 
BPTP pada pameran HPN 2014 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 08 Februari 2014 18:47
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono bertolak ke Bengkulu, Sabtu pagi untuk menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2014.

Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara bertolak melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Perayaan Hari Pers Nasional 2014 dipusatkan di Bengkulu dengan rangkaian acara peringatan telah dimulai sejak 1 Februari hingga 10 Februari 2014.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, telah membuka rangkaian acara Hari Pers Nasional 2014 secara resmi di Bengkulu pada Kamis (6/2). Dalam HPN 2014, juga digelar pameran yang diikuti berbagai perusahaan pers, instansi pemerintah daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat hingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memamerkan produk-produk unggulannya.

BPTP Bengkulu sebagai salah satu peserta pameran HPN 2014 yang berdampingan dengan Bakorluh Bengkulu dan Dinas Pertanian Propinsi Bengkulu. BPTP menampilkan (1) pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat; (2) perkembangan penerapan teknologi tepat guna dan inovasi teknologi pertanian yang telah berkembang baik.

Pengunjung di stand BPTP adalah masyarakat umum, terutama mahasiswa, pelajar dan kalangan perguruan tinggi.
LAST_UPDATED2
 
HPN Bengkulu bakar ikan sepanjang 12 km sebanyak 12ton PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 08 Februari 2014 17:34
Setelah Kalimantan yang telah terlebih dahulu mengadakan bakar ikan terpanjang yang sepanjang 9 kilometer. Kini giliran Bengkulu sepanjang 12 Km BENGKULU – Komunitas Wonderful Bengkulu siap pecahkan REKOR MURI bakar ikan terpanjang Se-Indonesia dengan panjang 12 Km sebanyak 12 ton ikan.

Dikatakan Ketua panitia Amri Wicahyono acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia ini akan menjadi acara Spektakuler karena mengusung tema 12 kilometer dan 12 ton di Pantai Panjang Bengkulu. “

Sementara panitia pelaksana Wonderful Bengkulu, Piter, mengatakan persiapan untuk acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia Sabtu (8/2) mencapai 100 persen. Pihaknya juga sudah sejak beberapa hari kemarin menyediakan fasilitas seperti tempat pemanggangan ikan sebanyak 3000 unit yang berukuran 2 meter per unitnya.

“Ikan yang dikumpulkan sebayak 12 ton tersebut bersumber dari pengusaha pengumpul ikan terbesar Bengkulu yakni Lang-lang Buana sebanyak 6 ton, Kabupaten Bengkulu Utara menyediakan ikan air tawar sebanyak 1,5 ton, dan selebihnya disiapkan panitia dari sumber-sumber lain,” katanya.

Dikatakan dia, panitia pelaksana acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia ini juga banyak melibatkan berbagai dari kalangan seperti masyarakat, mahasiswa dan komunitas para pecinta alam Se-Bengkulu. Mereka yang ditunjuk panitia untuk membantu membagikan kupon-kupon bakar ikan ini ke masyarakat luas.

“Kupon di bagikan ke masyarakat melalui panitia yang telah ditunjuk langsung oleh pihak panitia Komunitas Wonderful Bengkulu. Pembagian kupon gratis ke masyarakat sudah disalurkan melalui pendataan ke tiap-tiap kelurahan,sehingga kupon tersebut bisa diterima ke setiap kepala keluarga secara merata,” jelasnya.

Lebih lanjut Piter mengatakan, berdasarkan agenda pembukaan acara b
akar ikan terpanjang Se-Indonesia pada hari ini pukul 09:00 wib, rencananya acara bakar ikan terpanjanag Se-Indonesia ini akan dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan didampingi Menteri Pariwisata, Menteri Kominfo beserta Gubernur dan Walikota Bengkulu yang akan ikut hadir dalam acara pembukaan acara tersebut.
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com