Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

UPBS
kalender
web mail
Sinar Tani
SERBA SERBI
satulayanan

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 20 Tamu online
Berita
Kunjungan SMA Negeri 4 Kota Bengkulu ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 08 Mei 2014 12:01
2 April 2014, SMA Negeri 4 Kota Bengkulu terletak tidak jauh + 5 km dari Kantor BPTP mengadakan kunjungan yang diikuti 45 orang siswa-siswi didampingi oleh 2 orang guru termasuk Wakil Kepala Sekolah dan guru pembimbing bidang studi ekstrakurikuler.

Kedatangan siswa/siswi disambut  oleh Kepala BPTP (Dr. Dedi Sugandi), Kepala KSPP (Wahyuni A. Wulandari, M.Si) dan Kasubag Tata Usaha (Wilda Mikasari, M.Si).

Sebelum terjun ke lapangan siswa-siswi diberikan pengarahan oleh Kepala BPTP menyampaikan selamat datang di kantor BPTP, berharap siswa/siswi dapat menambah wawasan tentang pertanian dan boleh bertanya apasaja tentang pertanian.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah menyampaikan, bahwa kunjungan ini merupakan ajang silahturahmi dan mengharap kerja sama dengan BPTP Bengkulu untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan peserta didik setelah lulus sekolah.
Kunjungan lapangan dimulai dari lapangan display  kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) yang dipandu oleh  Bunaiya dan Tri Wahyuni. Praktek perbanyakan bibit di Kebun Bibit Desa  (KBD) dengan perbanyakan bibit tanaman sayuran terung, cabe, pepaya. Peragaan pembuatan pupuk organik dan diakhiri di Kandang Ayam Kampung Unggul.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi SPI dan ASN PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 05 Mei 2014 09:22
Jumat, 2 Mei 2014 bertempat di aula BPTP Bengkulu telah diadakan Sosialisasi SPI, Permentan 45 tahun 2014 dan Sosialisasi  Aparatur Sipil Negara (ASN), peserta seluruh pegawai di lingkungan BPTP Bengkulu. Sebelum penyampaian materi Kepala BPTP menyampaikan  untuk mengikuti secara sungguh-sungguh karena materi yang disampaikan berkaitan langsung dengan kepegawaian, yaitu hak dan kewajiban pegawai.

Materi pertama disampaikan Kasubag Tata Usaha (Wilda Mikasari) tentang SPI dan dilanjutkan materi tentang Permentan 45 tahun 2014.

Sistem Pengendalian Intern (SPI) menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008, SPI terdiri dari lima unsur, yaitu: 1. Lingkungan pengendalian; 2. Penilaian risiko; 3. Kegiatan pengendalian 4. Informasi dan komunikas; 5. Pemantauan pengendalian intern

Kelima unsur pengendalian intern tersebut merupakan unsur yang terjalin erat satu dengan yang lainnya. Proses pengendalian menyatu pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Oleh karena itu, yang menjadi fondasi dari pengendalian adalah orang-orang (SDM) di dalam organisasi yang membentuk lingkungan pengendalian yang baik dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai instansi pemerintah. meskipun telah diundangkan sejak 2008, namun pemahaman lebih mengenai UU SPI masih perlu terus ditingkatkan, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi.

Dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 yang menjadi sub unsur pertama dari lingkungan pengendalian adalah pembangunan integritas dan nilai etika organisasi dengan maksud agar seluruh pegawai mengetahui aturan untuk berintegritas yang baik dan melaksanakan kegiatannya dengan sepenuh hati dengan berlandaskan pada nilai etika yang berlaku untuk seluruh pegawai tanpa terkecuali. Integritas dan nilai etika tersebut perlu dibudayakan, sehingga akan menjadi suatu kebutuhan bukan keterpaksaan. Oleh karena itu, budaya kerja yang baik pada instansi pemerintah perlu dilaksanakan secara terus menerus tanpa henti.

Dengan berbudaya SPI, pendekatan yang digunakan dalam pengawasan berbasis pada soft control dimana unsur manusia (SDM) menjadi subjek aktif, disamping pula hard control yang mengandalkan keberadaan peraturan dan pimpinan menjadi unsur utama. Dengan SPIP ini nantinya dapat tercipta sistem yang akan mencegah terjadinya tindakan yang dapat merugikan keuangan negara, dan kalaupun tindakan tersebut akhirnya terjadi, hal tersebut dapat terdeteksi sejak dini.

Materi kedua tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disampaikan oleh Bagian Kepegawaian (Waluyo).

Sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian secara umum, SDM pertanian merupakan bagian penting dari upaya tersebut yang mendapat penekanan khusus agar kinerjanya meningkat. Peningkatan kinerja pegawai tersebut diantaranya diwujudkan dalam bentuk Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 tentang Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Namun demikian, tidak seluruh pegawai memiliki pemahaman mengenai ketentuan-ketentuan tersebut sehingga hal tersebut adakalanya merupakan faktor penyebab tidak efektifnya pelaksanaan ketentuan tersebut.

LAST_UPDATED2
 
Seminar Proposal Pengkajian dan Diseminasi Tahun 2015 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 29 April 2014 11:24
 
Pagi hari Senin tanggal 27 April 2014 berkumpul bersama di aula untuk mengadakan Seminar  Proposal Pengkajian dan Diseminasi Tahun 2015. Seminar bertujuan untuk memberikan saran masukan guna penyempurnaan rencana operasional penelitian dan diseminasi BPTP Bengkulu Tahun 2015. Seminar diikuti oleh peneliti/penyuluh/teknisi/tenaga administrasi BPTP Bengkulu.

Perencanaan merupakan salah satu faktor kunci dari tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan pengkajian dan diseminasi. Perencanaan yang disusun dengan cermat dan komprehensif tidak hanya mempermudah pelaksanaan kegiatan, juga akan mempermudah mewujudkan output yang telah ditetapkan.  Oleh karenanya, kegiatan pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2015, telah diprogramkan untuk dibahas lebih dini melalui suatu kegiatan seminar.

Acara diawali dengan pengantar dari Bagian Program Dr. Wahyu Wibawa menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini perlu dipersiapkan dengan harapan menjadi lebih baik dan memberikan masukan guna penyempurnaan.

Dilanjutkan dengan Arahan Kepala Balai menyampaikan bahwa “Kepala Badan Litbang Pertanian juga menekankan bahwa kebijakan pembangunan pertanian ke depan menggunakan konsep bioindustri”. Untuk itu, seluruh BPTP perlu  membuat percontohan konsep pertanian bioindustri yang berkelanjutan  dengan mengoptimalkan sumberdaya local. Seminar ini sangat penting dan strategis untuk melakukan penyempurnaan rencana pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian pada TA. 2015. Seminar ini juga untuk melihat kesiapan konsep pemakalah dalam perencanaan kegiatan pengkajian dan diseminasi.

Dalam Seminar dibahas 18 judul kegiatan dengan rincian sebagai berikut :
Hari Pertama, 28 April 2014 :
  1. Model pengembangan pertanian perdesaan berbasis inovasi  (m-P3BI) jeruk di Kab. Lebong Propinsi Bengkulu
  2. M-P3BI  pada lahan sub optimal dan lahan kering di Propinsi Bengkulu
  3. Model akselerasi pengembangan pertanian yang ramah lingkungan lestari (m-AP2RL2)
  4. Anjak
  5. Peta pewilayahan komoditas pertanian / AEZ
  6. SDG
  7. Gugus KATAM terpadu
  8. UPBS
  9. Pendampingan inovasi pertanian dan program strategis nasional
Hari kedua, 29 April 2014
  1. Pengkajian peningkatan nilai tambah aneka produk tanaman pangan dan hortikultura lokal unggulan Bengkulu
  2. Pengkajian pola pengembangan sapi potong terintegrasi dengan kelapa sawit yang ramah lingkungan
  3. Pengelolaan lahan sub optimal ramah lingkungan melalui integrasi tanaman
  4. Aplikasi pupuk organik pada sistem tanam tomat dan bawang merah dataran rendah di Propinsi Bengkulu
  5. Integrasi sapi bali dengan jagung pada lahan sub optimal propinsi Bengkulu
  6. Peningkatan keragaan pedet sapi perah dengan pemberian probiotik dan pakan tambahan ramah lingkungan
  7. Analisis pengembangan komunikasi dan metode percepatan adopsi model rumah pangan lestari (M-RPL) di Propinsi Bengkulu
  8. Permasalahan dan pengawalan program pengembangan sapi potong berbasis produk samping industri sawit 
  9. Peningkatan inovasi teknologi penyuluhan dalam rangka percepatan inovasi pertanian di Propinsi Bengkulu
Seminar dilaksanakan dengan metode presentasi dan diskusi. Hasil diskusi tersebut disusun dalam suatu rumusan hasil yang dibacakan pada akhir seminar. Rumusan seminar tersebut berisi butir-butir penyempurnaan rencana kegiatan pengkajian dan diseminasi yang diseminarkan.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Wisata Hortikultura PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 21 April 2014 20:14
Minggu, 20 April 2014 bertepatan Hari Paskah, atau Hari Kebangkitan umat Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSB)  mengadakan acara ”Wisata Hortikultura” yang diadakan setiap tahunnya. Khusus untuk kali ini GKSB mengarahkan ke BPTP Bengkulu yang diikuti oleh 174 orang anak-anak, remaja didampingi orang tua siswa dan Ketua GKSB (Ruswanto) dan rombongan. Penyambutan di BPTP Bengkulu dilaksanakan oleh Koordinator Program  Dr. Wahyu Wibawa, MP .

Sebelum kunjungan ke lapangan rombongan berkumpul di aula BPTP Bengkulu, yang diawali dengan  sambutan Majelis/Ketua Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSB)  menyampaikan terimakasih kepada BPTP Bengkulu dapat berkunjung, meluangkan waktu dan memberikan pelajaran untuk anak-anak dan remaja.  Untuk lebih jelasnya tentang apa itu BPTP dan pertanian Dr. Wahyu Wibawa menyampaikan materi Profil BPTP dan Pertanian hortikultura, pangan. Selesai pemaparan materi Ketua Majelis saling bertukar cindera mata oleh Ruswanto dan Dr.Wahyu Wibawa; Waluyo dan Sumaryono Hadi.

Tujuan dari kegiatan kali ini menanamkan pada anak-anak untuk lebih mencintai tanaman dan meminatkan kepada pertanian sejak dini dan  menambah wawasan pendidikan.

Kunjungan  lapangan dimulai ke komplek kegiatan MKRPL di kebun percobaan, dilanjutkan pengarahan dan praktek perbanyakan bibit yang dibimbing oleh penyuluh BPTP Bengkulu Bunaiya Honorita, Waluyo. Tidak lupa kunjungan ke peternakan ayam KUB dan demo vaksin ayam. Stand Panah Merah ikut serta meramaikan kunjungan dengan memamerkan produknya tentang bibit pertanian.

Pada acara ini juga diadakan perlombaan tangkap belut dan mengupas telur. Acara terasa sangat meriah dan penuh gelak tawa anak-anak, karena sangat didukung dengan cuaca yang cerah.

Acara diakhiri dengan kesan dan pesan oleh teknisi Waluyo, A.Md. dan ditutup  dengan doa bersama.


LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Pusdatin Kementan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 19 April 2014 17:57
Peran Sistim Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung kegiatan penelitian danpengembangan pertanian terutama dikaitkan dengan upaya pencapaian visi Badan Litbang Pertanian menjadi lembaga penelitian berkelas dunia.

Keamanan data perlu menjadi perhatian utama, oleh karena itu diperlukan tindak lanjut dengan melakukan kajian dan analisis tentang keamanan data pada masing-masing UK/UPT, sehingga budaya dan prilaku dalam pengelolaan dan pemanfaatan TIK di UK dan UPT sesuai dengan kaidah-kaidah (norma, budaya) yang berlaku.

Dalam upaya mendukung pengembangan dan implementasi Private Cloud Computing Badan Litbang Pertanian, infrastruktur yang telah terbangun yaitu Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) di 65 Satuan Kerja lingkup Badan Litbang Pertanian, untuk segera dimanfaatkan oleh Satuan Kerja (UK/UPT) sehingga ada umpan balik kepada Sekretariat Badan Litbang Pertanian untuk evaluasi, perbaikan dan pengembangan di TA. 2014.

Untuk itu Rabu, 16 April 2014 berkunjung ke BPTP Bengkulu Tim Pusdatin Kementerian Pertanian dalam rangka apresiasi dan evaluasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lingkup Kementan. Tujuan dari kunjungan adalah pengumpulan data dan informasi pemanfaatan produk layanan sistim informasi serta bimbingan teknis pemanfaatan layanan TIK Kementan. Tim terdiri dari 1) Teuku Ardianzah S. S,Kom; 2) Haryanto; 3) Ellis Elyani S, S.Kom 4) Yenni Tat S.Kom.

Bertempat di ruang rapat Kepala Balai Tim mengadakan pertemuan didampingi oleh KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari) dan tim TIK BPTP Bengkulu. BPTP Bengkulu menyambut baik kunjungan tim, agar permasalahan yang ada dapat diselesaikan. Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) dapat segera dimanfaatkan dan operasional.  

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com