Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita
MKRPL Kebun PKK Propinsi Bengkulu ditunjuk sebagai lokas kunjungan Ibu Negara PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 09 Januari 2014 16:44


Pagi 8 Januari 2013, disela persiapan Hari Pers Nasional (HPN) Gubernur Bengkulu dan rombongan menyempatkan waktu berkunjung ke kebun PKK yang dikelola Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu kegiatan MKRPL.

Dalam peninjauan lokasi pusat edukasi kebun PKK Propinsi Bengkulu Bapak Gubernur, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah Propinsi Bengkulu didampingi dari BPTP Bengkulu oleh Dr. Wahyu Wibawa, MP, Yong Farmanta, Emlan Fauzi. Secara umum, Gubernur menanggapi positif dan cukup antusias dengan kondisi lapangan yang telah dikerjakan tim BPTP. Penyelesaian pekerjaan tentunya sangat diperlukan komitmen yang tegas dari semua pihak yang berkepentingan sehingga sisa waktu yang bisa dimanfaatkan. Bapak Gubernur dan rombongan tampak sangat terkesan dengan hasil yang ada dengan melontarkan kalimat “Disini nanti bisa dijadikan lokasi yang dikunjungi Ibu Ani Yudhoyono"

Sangat menarik Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 pada 9 Februari 2014 di Kota Bengkulu akan dilaksanakan di kompleks Benteng Marlborough. Pada Februari 2014, benteng peninggalan Inggris itu akan berusia 300 tahun. Benteng Marlborough yang terletak di kawasan Pantai Paderi Bengkulu, itu dibangun pada 1714. Pada papan nama banteng itu, tertulis “The historical heritage the British Colonization in Bengkulu 1714-1741″.

Sebelum dijajah Belanda seperti wilayah Nusantara yang kemudian bernama Indonesia ini, Bengkulu sempat dijajah Inggris. Menurut  kisah yang disampaikan petugas penjaga Benteng Marlborough, Bengkulu kemudian “ditukar guling” dengan wilayah New Amsterdam di Amerika yang setelah diambil alih oleh Inggris berubah nama menjadi New York pada 1665. Nama New York itu diberikan sebagai penghormatan terhadap Duke of York yang kemudian menjadi James II.

Dengan mengambil lokasi di benteng tersebut, peringatan HPN 2014 akan
menorehkan sejarah baru. Peringatan HPN 2014 bakal menjadi HPN pertama yang dihadiri presiden dan diselenggarakan di luar gedung. Pemilihan Benteng Marlborough sebagai lokasi puncak peringatan itu juga dinilai pas dengan motto HPN 2014, yakni Pers Sehat Rakyat Berdaulat. Motto tersebut mengandung makna pers harus menjadi benteng yang kuat demi terciptanya masyarakat yang sejahtera dan demokratis.
LAST_UPDATED2
 
Seminar Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 31 Desember 2013 13:09
Dalam mempercepat upaya pembangunan pertanian di Propinsi Bengkulu sudah banyak inovasi yang dihasilkan untuk memacu peningkatan produktivitas berbagai komoditas baik tanaman pangan, perkebunan, hortikultura maupun peternakan. Semua inovasi yang sudah dihasilkan tersebut akan berarti apabila bisa disebarkan dan diadopsi oleh para pengguna dan mampu meningkatkan produktivitas dan mutu tanaman yang diusahakan.

Untuk itu pada tanggal 30 Desember 2013 di Hotel Santika Bengkulu, dilaksanakan kegiatan Seminar Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan yang diselenggarakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu bekerja sama dengan Badan Penelitian Pengembangan dan Statistik Daerah Propinsi Bengkulu.  Tujuan dari kegiatan terbangunnya komunikasi dan umpan balik antara pakar peneliti, penyuluh, akademisi, petani, praktisi dan penentu kebijakan lainnya dalam mempercepat pencapaian diseminasi inovasi teknologi pertanian di Propinsi Bengkulu.

Hadir pada acara ini sebanyak 165 orang peserta yang berasal dari Dinas/Badan dan instansi lingkup pertanian se-Propinsi Bengkulu, Perguruan Tinggi, Balai Penelitian Komoditas lingkup Badan Litbang Pertanian, BPTP dari 18 Propinsi (DI Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Sumsel, Jambi, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Kalbar, Kaltim, Sulteng, NTB, NTT, Papua), Balai Penelitian Ketransmigrasian Provinsi Bengkulu, Mahasiswa, petani /kelompok tani se Provinsi Bengkulu.


Kegiatan Seminar dan ekspose  dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama kegiatan seminar ilimiah yang diikuti oleh peneliti penyuluh dari 18 propinsi serta perguruan tinggi yang ada di Bengkulu. Pada hari kedua kegiatan Ekspose Hasil Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi hasil Litkajibangrap Badan Litbang Pertanian tahun 2013 yang akan diikuti oleh peserta berasal dari Dinas/Instansi/Lembaga Lingkup Pertanian dan transmigrasi se-Provinsi Bengklulu, serta Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu.

Pada hari pertama Ekspose hadir Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. H. Herry Syahriar, MM; Kepala Badan Penelitian Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI diwakili oleh  Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (Dr. Agung Hendriadi); Kepala BPTP dan LPTP lingkup Badan Litbang Pertanian; Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Hazairin; Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Statistik Daerah Propinsi Bengkulu (Ir. Diah Irianti, M.Si); Kepala Dinas Instansi Lingkup Pertanian se-Propinsi Bengkulu; Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu; Kepala Balai Penelitian Tanah Bogor; Kepala Balai Besar Pasca Panen; Kepala Besar Mekanisasi Pertanian.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Kepala  BPTP Bengkulu. Adapun kutipan sambutan Kepala BPTP Bengkulu berupa :


Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu sebagai unit pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia memiliki tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan penelitian, pengkajian, pengembangan, dan penerapan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi yang mencakup kegiatan pada bidang pertanian tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan memandang perlu untuk menyampaikan hasil-hasil kegiatan tersebut kepada seluruh pemangku kebijakan pertanian di Propinsi Bengkulu dalam bentuk Seminar dan ekspose Inovasi Teknologi Pertanian spesifik lokasi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (Dr. Agung Hendriadi). Dalam sambutan nya beliau menyampaikan peranan teknologi telah mengubah masyarakat dari masyarakat agraria menuju masyarakat industrial. Kita sadari sepenuhnya bahwa teknologi pertanian telah ikut mempercepat kemajuan bangsa, menjamin ketersediaan pangan, peningkatan ekspor, dan penyerapan tenaga kerja. Badan Litbang Pertanian telah menunjukkan perannya dalam inovasi dan pengembangan teknologi berupa varietas unggul, pengelolaan tanaman terpadu, teknologi alat dan mesin pertanian dan pascapanen, pengembangan model kelembagaan serta saran kebijakan untuk pencapaian swasembada beras dan jagung, peningkatan produktivitas, nilai tambah dan daya saing produk pertanian untuk peningkatan kesejahteraan petani.

Permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian ke depan semakin beragam dan kompleks. Keterbatasan sumberdaya lahan dan air, ketidakpastian iklim, kondisi sosial ekonomi masyarakat yang dinamis, rendahnya diseminasi inovasi teknologi, keterbatasan akses permodalan petani, globalisasi dan liberalisasi pasar, dan pesatnya kemajuan teknologi dan infrormasi pertanian global menyebabkan kita semua, khususnya seluruh jajaran Badan Litbang Pertanian harus berusaha meningkatkan nilai tambah ekonomi yang tinggi (impact recognition) bagi produk pertanian melalui berbagai kegiatan litkajibangrap disamping nilai ilmiah tinggi (scientific recognition). Termasuk diantaranya kegiatan litkajibangrap yang dilaksanakan di BPTP Bengkulu sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang Pertanian yang berada di Provinsi Bengkulu.

BPTP dituntut harus mampu melaksanakan dengan baik seluruh program kerjanya untuk mendukung 4 target sukses Kementerian Pertanian yaitu pencapaian swasembada dan swasembada-berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, serta peningkatan kesejahteraan petani. Disamping itu BPTP juga harus berkontribusi mendukung pembangunan pertanian di daerah dengan melakukan koordinasi, sinkronisasi, dansinergi dengan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, BUMN/swasta, dan petani pengguna.

Berbagai hasil telah dicapai oleh BPTP Bengkulu melalui kegiatan litkajibangrap di lahan petani diantaranya yaitu peningkatan produktivitas padi sawah melalui kegiatan Pendampingan SL-PTT, UPBS dan diseminasi teknologi dari 4 ton menjadi 6,5 ton GKG/ha. Untuk mengantisipasi ketidakpastian iklim dewasa ini, BPTP Bengkulu juga telah mensosialisasikan kalender  tanam terpadu sampai ke tingkat Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan.

Pemanfaatan pekarangan melalui Model Kawasan Rumah Pangan Lestari saat ini telah berkembang di 231 kelompok di seluruh propinsi Bengkulu. Perkembangan yang signifikasi tentu saja tidak terlepas dari peran Badan Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta antusiasme petani dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pendapatan dan efisiensi biaya rumah tangga. Perbaikan budidaya tanaman kentang merah di Rejang Lebong dan jeruk gerga di Lebong telah mulai dirasakan manfaatnya oleh petani.

Peran BPTP Bengkulu mungkin saja dirasakan belum optimal, karena harapan pengguna teknologi sangat tinggi, sedangkan disisi lain penerapan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian di lahan petani tentu saja tidaklah mudah dilaksanakan. Berbagai faktor penghambat menyebabkan kurangnya adopsi inovasi teknologi. Salah satunya adalah tidak sampainya informasi kepada pengguna.

Kepada Pemerintah Daerah, perguruan tinggi, BUMN/swasta kami ucapkan terima kasih atas jalinan kerjasamanya dengan BPTP Bengkulu selama ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. H. Herry Syahriar, MM dan dapat membuka Seminar secara resmi.

Kutipan kata sambutan Sekretaris Daerah bahwa kegiatan seminar dan ekspose yang dilaksanakan pada saat ini sebagai momentum yang tepat untuk lebih menyebarluaskan hasil-hasil litkajibangrap BPTP Bengkulu maupun lembaga-lembaga penelitian lainnya yang ada di daerah seperti Balitbang dan Statistik Daerah Provinsi dan Perguruan Tinggi kepada pengguna

Selanjutnya pemaparan materi :
Makalah Utama :
  1. Model Pengelolaan Lahan Ramah Lingkungan dari Balai Penelitian Tanah Badan Litbang Pertanian
  2. Tantangan dan Solusi Penerapan Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan
  3. Peran BPP stada dalam mendukung Program Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi dari Badan Penelitian Pengembangan dan Statistik Daerah Propinsi Bengkulu

Makalah Penunjang Sesi I
  1. Peran Kelembagaan Formal dan Pengembangan Inovasi Pertanian Spesifik Lokasi di Propinsi Aceh dari BPTP Aceh
  2. Peranan Tanaman Koro Pedang mendukung Ketahanan Pangan dan Perbaikan Kesuburan tanah bekas tambang timah di Kepulauan Bangka Belitung dari BPTP Bangka Belitung
  3. Keragaan Hasil dan Karakter Agronomis Varietas Lokal Ubi Jalar Dataran Tinggi di Pegunungan Jaya Wijaya Papua dari BPTP Papua

Makalah Penunjang Sesi II
  1. Pola Tanam Konservasi dan Konvensional pada Produksi Tanaman Sayuran
  2. Analisis Margin Harga pada Tingkat Pelaku Pasar Ternak Sapi dan Daging Sapi di Nusa Tenggara Barat dari BPTP NTB
  3. Identifikasi Sistem Penangkaran Benih Kedelai di Sentra Produksi di Kabupaten Langkat dari BPTP Sumatera Utara
Makalah Penunjang Sesi III
  1. Herbisida Efektif, Efisien dan Ramah Lingkungan untuk Pengendalian Gulma pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat di Propinsi Bengkulu dari BPTP Bengkulu
  2. Adaptasi sistem Integrasi Ternak Sapi dan Kelapa Sawit Ramah Lingkungan di Propinsi Bengkulu
  3. Teknik Perbanyakan Pupuk Hayati Mikoroza arbuskular dalam medium pasir dan potensinya dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman jagung
Makalah Sesi IV
  1. Pengomposan Sampah Pasar menggunakan cacing dari BPTP DKI Jakarta
  2. Penggemukan Sapi Bali Jantan di Lahan Kering Berbasis Limbah Kelapa Sawit di lokasi Pendampingan PSDSK dari BPTP Bengkulu
  3. Kajian Kelayakan Usaha Tani Penangkaran Benih Jagung Komposit dalam rangka mendukung ketersediaan benih di kawasan transmigrasi dari Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi Ketransmigrasian Bengkulu

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi.

Diakhir acara pengumuman pemenang lomba poster adalah dari :
  1. Pemenang PERTAMA : Inovasi Teknologi Budidaya Jagung Ramah Lingkungan pada Kawasan Model Pemgembangan Pertanian Perdesaan melalui Inovasi (M-P3MI) di Kabupaten Pasaman Barat oleh Edy Mawardi dari BPTP Sumatera Barat
  2. Pemenang KEDUA : Pemanfaan Limbah dalam Sistem Irigasi Ternak untuk memacu Ketahanan Pakan di Propinsi Aceh oleh  Nani Yunizae, Elviwirda, Yenni Yusriani, Linda Harta dari BPTP Aceh, BPTP Bengkulu
  3. Pemenang KETIGA : Evaluasi Tingkat Penerimaan Konsumen terhadap Hasil Olahan Buah Durian dan Analisa Usahataninya oleh Sri Sudarwati, Mukh Rizal dan Farid Rahmat dari BPTP Kalimantan Timur.

LAST_UPDATED2
 
Temu Usaha di Kantor BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 25 Desember 2013 17:29

Selasa 24 Desember 2013 bertempat di Aula pertemuan kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu telah diselenggarakan kegiatan Temu Usaha Potensi dan Peluang Agribisnis Padi, Jagung dan Kedelai di Propinsi Bengkulu.

Hadir pada Temu Usaha Kepala BPTP Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu, Kepala BP3K Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Kepala BP4K Kabupaten/Kota, Bakorluh Propinsi Bengkulu, PT. Pertani, para koordinator  BPP dan BPSB Kabupaten/Kota serta koordinator Balai Benih  Kabupaten/Kota Bengkulu, Petani kooperator.

Diawali dengan sambutan Kepala BPTP Bengkulu sekaligus membuka Acara Temu Usaha secara resmi. Kepala BPTP Bengkulu menyampaikan bahwa  tujuan pertama Temu Usaha adalah mempertemukan semua pemangku kebijakan dari unsur pemerintahan daerah/pusat, lembaga penelitian, lembaga penyuluhan,  pelaku usaha dalam arti pelayanan (pedagang),  pengusaha dalam arti usaha petani di lapangan dan pelaksana lapangan. Dengan pertemuan ini diharapkan terjalin kerjasamanya dengan pemerintahan daerah, pemerintah pusat, lembaga penelitian, bisnis dan pemangku lapangan dengan upaya mengwujudkan target 6 tepat dalam penyediaan benih padi dan jagung antara lain : tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu, tepat harga, tepat varietas, tepat  tempat.

Dengan acara ini peserta dapat mengungkapkan dan menyepakati persoalan pada masing-masing tempat yang dirasakan  dan nantinya juga dapat memberi jalan keluar, memberi tindak lanjut dari masing-2 pemangku kebijakan. UPBS bekerjsa sama dengan BBI dan BBU.

BPTP sebagai lembaga penelitian penyebaran inovasi yang mempunyai tugas :

  1. Produksi benih sumber (benih dasar/FS dan benih pokok/SS) bagi VUB yang belum berkembang/ komersial di masyarakat tani.
  2. Melaksanakan distribusi benih sumber yang telah diproduksi sesuai kebutuhan, persyaratan mutu, waktu, tempat dengan volume yang tepat.
  3. Menyediakan informasi kebutuhan, ketersediaan benih sumber, keberadaan VUB yang dihasilkan, dan potensi wilayah pengembangan.
  4. Membangun kerjasama kemitraan antar pelaku agribisnis perbenihan

Berharap supaya dapat memanfaatkan acara ini untuk mendapatkan hasil yang optimal dan terjalin kerjasama secara sinergis yang saling menguntungkan. 

Acara kedua dilanjutkan pemaparan materi dari :

  1. Sosialisasi dan Promosi kegiatan UPBS, SLPTT dan Demfarm BPTP Bengkulu oleh Dr. Wahyu Wibawa MP dari BPTP Bengkulu
  2. Tantangan dan Peluang Usaha Perbenihan Padi, Jagung dan Kedelai dari Dinas Pertanian Propinsi Bengkulu Tahun 2013 (Sudarwati)
  3. Peran dan Dukungan BPSB-TPH dalam Usaha Perbenihan Padi, Jagung dan Kedelai di Propinsi Bengkulu dari BPSB-TPH Propinsi Bengkulu

Selesai dengan penyampaian materi dilanjutkan dengan seksion diskusi dan Tanya jawab.

Dilanjutkan dengan berkunjung ke lapangan tentang Petunjuk Penggunaan Perangkat Uji Pupuk (PUB)

LAST_UPDATED2
 
Sari Buah Tomat PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 22 Desember 2013 15:41
Sari buah tomat merupakan minuman fungsional yang baik bagi kesehatan. Konsumsi rutin sari buah tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi liver dan mencegah gangguan fungsi empedu. Gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah (penyebab stroke dan penyakit jantung). Kandungan likopen pada tomat mampu memperbaiki dan mempertahankan jaringan kolagen kulit.

Bahan:   

•    1 kg buah tomat segar
•    4 ltr air masak
•    ½ kg gula pasir
•    Bahan tambahan (penstabil)
•    Pengatur keasamam 

Alat : 

•    Panci besar
•    Blender
•    Pisau
•    Saringan
•    Pengaduk
•    Kompor

Cara membuat :
  1. Cuci bersih buah tomat, belah dan pisahkan dari bijinya
  2. Blancing daging buah tomat
  3. Hancurkan daging buah tomat beserta bijinya hingga berbentuk bubur buah
  4. Saring bubur buah hingga diperoleh sari buah
  5. Lakukan pengenceran 
  6. Lakukan pasteurisasi sari buah
  7. Dinginkan 
  8. Kemas dalam cup
Sari buah tomat mengandung karbohidrat, sedikit protein dan lemak, vitamin A, C serta mineral. (Pasca Panen BPTP Bengkulu, 2013)

LAST_UPDATED2
 
Pra Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2013 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 14 Desember 2013 19:49
Jumat, 13 Desember bertempat di LPMP Propinsi Bengkulu diadakan Pra Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2013 tingkat Satker dan Wilayah Kementerian Pertanian Propinsi Bengkulu. Hadir  Kepala BPTP Bengkulu didampingi Kepala Sub Tata Usaha BPTP Bengkulu dan Ditjen Perbendaharaan Negara Propinsi Bengkulu.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya selanjutnya kata sambutan Kepala BPTP Bengkulu selaku Kepala Sekretariat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang (UAPPA/B) wilayah Kementerian Pertanian Proppinsi Bengkulu sekaligus membuka acara secara resmi.

Para peserta berjumlah 40 orang terdiri dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan satuan Kerja Kantor Daerah (KD) yaitu Dirjen Tanaman Pangan; Ditjen Hortikultura, Dirjen Perkebunan,  Ditjen Peternakan, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, Badan Karantina Pertanian.

Nara sumber berasal dari Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara Bengkulu dengan materi : Pedoman Rekonsiliasi. Tujuan workshop adalah  1) mengetahui secara dini kesalahan pencatatan yang terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan/barang satker; 2) Verifikasi menitik beratkan pada belanja barang yang menggunakan akun 526, apakah sudah terinput dalam aplikasi persediaan dan penerbitan BAST jika barang tersebut sudah diserahkan kemasyarakat/pemda; 3) Meningkatnya komitmen pimpinan akan pentingnya penyusunan laporan keuangan yang berkualitas agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan dinilai akuntabel, baik ditingkat satker, wilayah, eselon I dan Kementerian Pertanian; 4) Tersusunnya draft  keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri dari Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekosentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan(TP).

Sebelum memulai pemaparan materi diawali dengan doa semoga workshop berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan dan berjalan lancar.

Pada hari ke 2 PRA Workshop Penyusunan Laporan Keuangan  para peserta (operator SAK dan SIMAK – BMN satker lingkup Kementerian Pertanian se propinsi Bengkulu) mulai memeriksa kelengkapan dokumen keuangan meliputi :
  1. Kelengkapan dokumen sumber
  2. Pagu Anggaran dan Estimasi Pendapatan
  3. Realisasi Pendapatan dan Pengembalian Belanja Pendapatan
  4. Realisasi Belanja
  5. Realisasi Belanja Bansos
  6. Realisasi Pengembalian Belanja
  7. Neraca Percobaan
  8. Saldo Awal Percobaan
  9. Kas di Bendahara Pengeluaran
  10. Kas Lainnya dan Setara Kas
  11. Kas di Bendahara Penerimaan 
  12. Piutang Bukan Pajak
  13. Aset Tetap, Kontruksi dalam pengerjaan, mutasi tambah/kurang aset tetap, bagian lancar TP/TGR dan Tagihan RP/TGR, Informasi Aktual dan Aset lain-lain


LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com