Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Sinar Tani
satulayanan
web mail
kalender
UPBS
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 22 Tamu online
Berita
Lounching Gerakan Ketahanan Pangan oleh Gubernur Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 29 Agustus 2014 11:58
 


Salah satu rangkaian kegiatan Pekan Agroinovasi yang diadakan oleh BPTP Bengkulu dari tanggal 11 s/d 29 Agustus 2014 adalah Gelar Teknologi dan Lounching Gerakan Ketahanan Pangan dalam pemanfaatan pekarangan di Desa Air Sulau Kabupaten Bengkulu Selatan. Gelar Teknologi dan Lounching telah dilaksanakan Selasa, 26 Agustus 2014  di Desa Air Sulau Kabupaten Bengkulu Selatan, yang merupakan kabupaten ke delapan yang di kunjungi Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah. 

Peningkatan ketersediaan konsumsi pangan rumah tangga dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang digelar oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu yang bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Dinas Kelautan, Badan Koordinasi Penyuluh, Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. 

Selain Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah juga dihadiri : Bupati Bengkulu Selatan, Reskan Efendi E Waludin dan diikuti oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Muslih, Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi) seluruh Kepala dan jajaran SKPD Provinsi dan Kabupaten Bengkulu Selatan dan terlihat juga hadir Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Abdul Muis. 

Gubernur Bengkulu menyampaikan apresiasi dengan lounching Gerakan Ketahanan Pangan dalam pemanfaatan pekarangan, diharapkan kegiatan yang sudah ada dipertahankan untuk selalu dipelihara dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan. Ucapan terimakasih kepada BPTP Bengkulu yang telah membimbing dan membina dengan teknologi dan inovasi di Desa Air Sulau. Lokasi  yang lain masih banyak yang menunggu bimbingan dan binaan BPTP Bengkulu. 

Koordinator acara yakni Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Muslih, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara ini gabungan dari berbagai SKPD di Provinsi Bengkulu. Dalam sambutannya Kepala Badan B4K Provinsi H Muslih menyampaikan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama dan bantuan dari BPTP Bengkulu, Bank Indonesia, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan, Bakorluh dan Badan Penanggulangan Bencana Bengkulu. 

Dalam sambutannya Muslih juga menyampaikan program pemanfaatan lahan pekarangan ini sudah dimulai dilaksanakan pada tahun 2013 yang lalu dan sudah 26 kelompok yang dibina dan dana dikucurkan sudah mencapai Rp. 789 juta.
Lanjut Muslih dari ke 26 kelompok tidak semua berhasil namun lebih banyak yang berhasilnya, dan juga yang memanfaatkan dana bansosnya saja sementara programnya mandek. Diharapkan Muslih kepada ke 26 kelompok yang sudah mendapat bantuan agar dapat memanfaatkan dana tersebut sesuai dengan program pemerintah, dan yang betul memanfaatkan dana sesuai program pasti akan merasakan manfaatnya.
Kepala Desa Air Sulau Sugeng Prabowo dalam sambutannya, dihadapan gubernur, Bupati dan para Kepala SKPD Provinsi dan Kabupaten Bengkulu Selatan itu,  mengharapkan, kepada Gubernur Junaidi untuk dapat mengucurkan dana ke Kabupaten Bengkulu Selatan khususnya Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang.

Disampaikan agar kiranya Bapak Gubernur dapat memperhatikan dan dapat mengalokasikan dana untuk perbaikan jalan-jalan sentra produksi, dan jalan lingkungan yang di bangun dari tahun 1977 itu sekarang ini sudah rusak parah. Sampai saat ini jalan tersebut tidak pernah diperbaiki, sehingga nantinya diharapkan Kepala Desa  Air Sulau dapat berkembang seperti Desa-desa yang lainnya. 

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Pendampingan dan Komponen Teknologi PTT PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 23 Agustus 2014 19:22
Sosialisasi kegiatan pendampingan dan komponen teknologi PTT di Kabupaten Bengkulu Utara telah dilaksanakan di Sekretariat Kelompok Tani Harapan Maju I di Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung Palik.  Peserta berjumlah 40 orang terdiri dari : Petugas Pertanian Lapangan (PPL), Korluh BPK Kecamatan Tanjung Agung Palik, Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT).

Diawali dengan sambutan panitia dan dilanjutkan sambutan koordinator Penyuluh BPK Kecamatan Tanjung Agung Palik (Amiril, SP) yang sekaligus membuka acara secara resmi. Setelah pembukaan peserta diminta untuk mengisi kuesioner  dalam rangka identifikasi teknologi eksisting dan kebutuhan teknologi petani kooperator pelaksana display VUB di Kabupaten Bengkulu Utara. Identifikasi teknologi existing bertujuan untuk mengetahui karakteristik kelompok sasaran yang akan dilakukan  pendampingan berupa potensi serta permasalahan  yang dihadapi oleh petani terutama permasalahan teknologi dan hambatan teknis lainnya.

Setelah pengisian questioner dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan pendampingan PTT di Kabupaten Bengkulu Utara yang disampaikan oleh Penanggung jawab kegiatan Pendampingan PTT BPTP Bengkulu, Yong Farmanta, SP, M.Si. Disampaikan bahwa pada tahun 2014 BPTP Bengkulu melaksanakan kegiatan display varietas di Kabupaten Bengkulu Utara seluas 6 ha yang terdiri atas varietas inpari 14, 15, 23 yang berlabel ungu dan inpari 22 yang berlabel putih.

Kegiatan melibatkan 10 petani kooperator dan kelompok Tani Harapan Maju I Desa Tanjung Agung Palik. Dalam kegiatan display VUB terjalin kerjasama antara BPTP Bengkulu sebagai pemilik teknologi dan petani sebagai pemilik lahan. Petani memiliki hak untuk mendapatkan benih VUB serta saprodi berupa pupuk dan memiliki kewajiban untuk melaksanakan usahatani padinya sesuai dengan rekomendasi teknologi PTT.  BPTP Bengkulu memiliki kewajiban untuk mendampingi petani dalam setiap tahap kegiatan usahataninya serta menyiapkan benih VUB dan saprodi pupuk. Kegiatan display diharapkan dapat menjadi salah satu cara diseminasi teknologi PTT bagi petani di Desa Tanjung Agung dan diharapkan teknologi PTT dapat diadopsi oleh petani dan non kooperator.

Penyampaian budidaya padi sawah dengan penerapan teknologi PTT padi sawah dan kalender tanam terpadu disampaikan oleh Yong Farmanta, SP, MP.

  1. Materi yang disampaikan tentang Teknologi PTT Padi :Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) merupakan inovasi baru untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam rangka peningkatan produktivitas tanaman pangan terutama padi sawah. Teknologi intensifikasi bersifat spesifik lokasi, tergantung pada masalah yang akan diatasi. Komponen teknologi PTT padi ditentukan bersama-sama petani melalui analisis kebutuhan teknologi.
  2. Komponen PTT padi terdiri dari komponen dasar dan komponen pilihan. Pemilihan komponen teknologi disesuaikan spesifik lokasi. Komponen dasar terdiri atas Varietas Unggul Baru (VUB), Bibit bermutu dan sehat, pengaturan populasi dan sistem tanam jajar legowo, pemupukan berimbang. Pengendalian Hama Terpadu (PHT) sesuai OPT sasaran. Sedangkan komponen pilihan adalah bahan organik/pupuk kandang, pengolahan tanah yang baik, pengolahan air yang optimal, penanganan panen dan pasca panen. 
  3. Komponen teknologi pilihan dapat menjadi komponen dasar apabila hasil identifikasi kebutuhan petani memprioritaskan  komponen teknologi yang dimaksud menjadi keharusan untuk pemecahan masalah utama suatu wilayah, dan sebaliknya.
Kalender Tanam Terpadu :

  1. Kalender Tanam Terpadu adalah pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi dan teknologi adaptasi terhadap perubahan iklim untuk komoditas padi, jagung dan kedelai. Informasi yang diperoleh dari KATAM terpadu antara lain : 1) Prediksi curah hujan dan musim; 2) Awal waktu tanam tanaman padi dan palawija; 3) Pola Tanam; 4) Potensi luas tanam padi dan pawawija; 5) Potensi banjir dan kekeringan padi; 6) Potensi OPT padi dan palawija; 7) Rekomendasi benih dan varietas padi dan palawija; 8) Rekomendasi dosis pupuk padi dan palawija; 9) Rekomendasi kebutuhan pupuk padi dan palawija dan 10) data alat dan sarana pertanian (Alsintan)
  2. Manfaat yang diperoleh dari KATAM terpadu antara lain : 1) Menentukan waktu tanam setiap musim; 2) Menentukan pola, rotasi tanam dan rekomendasi teknologi pada skala kecamatan; 3) Menduga potensi luas tanam untuk mendukung sistem perencanaan tanam dan produksi tanaman pangan dan 4) Mengurangi resiko penurunan dan kegagalan produksi serta kerugian petani akibat kekeringan, banjir dan serangan OPT.
Keunggulan KATAM Terpadu adalah : 1) Dinamis karena disusun menurut kondisi iklim, prediksi iklim tahunan dan musiman; 2) Operasional dan spesifik lokasi karena didasarkan pada potensi  sumberdaya iklim, air dan tanah, 3) Terpadu karena diintegrasi/update, 5) Mudah dipahami pengguna; 6) Informasi karena dikomunikasikan dengan sistem informasi website yang diunduh setiap saat.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Hari Kemerdekaan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 17 Agustus 2014 18:51
Minggu 17 Agustus 2014, di halaman kantor BPTP Bengkulu mengadakan upacara bendera memperingat hari kemerdekaan RI yang ke 69. Upacara diikuti oleh seluruh staff BPTP Bengkulu dan siswa/I SMKN Bengkulu yang sedang prakerin di BPTP. Bertindak selaku komandan upacara Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Dr. Rudi Hartono, SP MP), Pembacaan UUD 1945 (Zainani),  Doa  (Yahumri). Upacara pada pagi hari sangat terasa hikmat dengan diiringi musik.

Pengibaran bendera merah putih yang diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Dilanjutkan menyanyikan lagu 17 Agustus dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Dalam memeriahkan hari kemerdekaan diadakan lomba nyanyi antar kelompok pengkajian, pelayanan lingkup BPTP Bengkulu.







LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com