Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

web mail
kalender
SERBA SERBI
UPBS
satulayanan
Sinar Tani

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 10 Tamu online
Berita
Persiapan menyambut HUT ke 40 Balitbangtan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 23 Juli 2014 18:12
Dalam rangka menyambut HUT ke-40 Balitbangtan, Rabu 23 Juli 2014 telah dilaksanakan pertemuan persiapan Pekan Agro Inovasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu dengan seluruh staff BPTP Bengkulu. Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala BPTP bertujuan untuk penyempurnaan sejauh mana persiapan yang telah dilaksanakan oleh Tim Pelaksana.

Pekan Agro Inovasi akan menggelar inovasi teknologi pertanian yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian akan dilaksanakan pada tanggal 11-29 Agustus 2014. Kegiatan ini bertujuan mendiseminasikan hasil-hasil litkaji serta membangun komunikasi antara lembaga penelitian dengan pengguna guna mendukung program peningkatan produksi pertanian dan peningkatan nilai tambah produk pertanian.
Kegiatan ini diharapkan mempercepat diseminasi kepada pengguna yang akhirya mempercepat tercapainya peningkatan dan pemantapan ketahanan pangan dan nilai tambah produk serta kesejahteraan petani. Kegiatan akan dilaksanakan selama sepekan yang dilaksanakan di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kabupaten Kepahiang, dan kabupaten Mukomuko.

Tujuan Pekan Agro Inovasi bertujuan antara lain :
  1. Menyediakan dan menyebarluaskan informasi teknologi pertanian.
  2. Membangun komunikasi antara lembaga penelitian dengan pengguna inovasi teknologi.
  3. Mempercepat proses adopsi teknologi melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pengguna.
  4. Menumbuhkembangkan apresiasi dan minat generasi muda pada bidang pertanian

Keluaran yang diharapkan
  1. Tersebarluasnya informasi teknologi pertanian.
  2. Terjalinnya komunikasi antara lembaga penelitian dengan pengguna inovasi teknologi.
  3. Teradopsi dan terimplementasinya teknologi melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pengguna.
  4. Ditumbuhkembangkannya apresiasi dan minat generasi muda pada bidang pertanian

MATERI Pekan Agro Inovasi akan menggelar beberapa kegiatan pameran, pertemuan dan lapangan antara lain :
Pameran
Dilaksanakan di halaman BPTP Bengkulu dengan  menampilkan materi berupa leaflet, banner, poster, pakan ternak, display produk olahan dan tanaman.

Pertemuan
  1. Sosialisasi Sumber Daya Genetik (SDG)
  2. Temu Tugas Penyuluh, Peneliti dengan Petani
  3. Program Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP)
Gelar dan Temu Lapang
  1. Temu Lapang  m-P3MI Lahan Rawa, m-AP2RL  di Kabupaten Mukomuko (11 Agustus 2014).
  2. Temu Teknis di Kepahiang (12 Agustus 2014)
  3. Lounching KRPL dan Pasar KRPL di Kabupaten Bengkulu Selatan (25 Agustus 2014).
  4. Temu Lapang Lahan Kering Masam, PTT dan UPBS  di Kabupaten Bengkulu Tengah (27 Agustus 2014) 
  5. Temu Lapang PSDSK, MP3BI dan Anjak di Kabupaten Rejang Lebong (28 Agustus 2014.
  6. Gelar Teknologi PTT (Padi) di Kota Bengkulu (28 Agustus 2014)

Lain-lain
  1. Bhakti Sosial (membagikan logistik inovasi teknologi kepada pengunjung)
  2. Galaseni
  3. Door Price

PESERTA/PENGUNJUNG
Pekan Agro Inovasi direncanakan dihadiri 400 orang peserta/pengunjung berasal dari Pemda, Dinas Terkait, Universitas,  Penyuluh, Kelompok Tani, Petani, Pelajar, Swasta, Dharma Wanita.

LAST_UPDATED2
 
Workshop dinamika dan perubahan iklim PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 03 Juli 2014 18:41
Tanggal 25 s/d 27 Juni 2014 diadakan workshop Dinamika dan Perubahan Iklim di Aula Badan Litbang Kementerian Pertanian. Peserta workshop adalah penanggung-jawab kegiatan KATAM di seluruh BPTP.  Dari BPTP Bengkulu hadir penanggung-jawab KATAM adalah Yong Farmanta, SP,M.Si. 

Acara diawali dengan pembukaan workshop oleh Kepala BBP2TP Badan Litbang Pertanian (Dr.Ir. Agung Henderiadi, M.Eng) dan sekaligus membuka acara secara resmi. Kepala BB2TP menyampaikan tujuan dari workshop adalah meng-antisipasi  isu terkini mengenai dampak el-nino terhadap target swasembada pangan.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi antara lain :
  1. Pemetaan Prediksi Kondisi EL-Nino, KATAM dan Kekeringan oleh (Dr.Ir. Agung Henderiadi, M.Eng). Materi ini menekankan tentang Anomali suhu muka laut nino 3-4 pada bulan Mei-Juni 2014 melewati batas +0,50C yang menggambarkan adanya peluang terjadinya El-nino. Kondisi 10DM di Barat Sumatra negatif, menggambarkan adanya peningkatan uap air di sekitar wilayah Indonesia.  El nino  dinetralisir dengan kondisi lembab di wilayah indonesia, sehingga di beberapa wilayah  indonesia ada yang mengalami penurunan curah hujan, namun di sebagian besar wilayah sumatera dan selatan khatulistiwa mengalami curah hujan normal hingga atas normal. 
  2. Pemanfaatan KATAM terpadu untuk Perencanaan Pembangunan Pertanian melalui Sistem Informasi Perencanaan Kawasan Pertanian (SIKIP) oleh Dr. Kasdi SubagyonoMateri menerangkan tentang pemanfaatan data KATAM Terpadu.
  3. Strategi dan Sinergi Hubungan antar Lembaga dalam peningkatan efektivitas sosialisasi KATAM Terpadu. Materi ini menerangkan tentang metode sosialisasi KATAM terpdu.

 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Tausiyah menyambut Ramadhan 1435H PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 27 Juni 2014 13:32
Untuk menyambut bulan Ramadhan Tahun 1435H, BPTP Bengkulu mengadakan Tausiyah bersama hari Jumat Tanggal 27 Juni 2014 di mushala Kantor BPTP Bengkulu. Sebagai  penceramahnya Ustad Dani Hamdani, M.Pd. Kepala BPTP yang diwakili oleh Dr. Wahyu Wibawa dalam sambutannya mengatakan supaya dapat mempererat tali surahmi diantara kta, mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci dan supaya kita dapat mengintropeksi diri pada masa yang lalu.

Dani Hamdadi, M.Pd, mengatakan bahwa sesama kita saling meminta maaf secara pribadi  dan secara institusi dan supaya dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.  Ramadhan dapat  membersihkan dosa kita, karena Allah mencintai orang-orang yang membersihkan diri. Persiapan dalam membersihkan diri persiapan ilmu dan keimanan.

Tausiyah ditutup dengan berputar dengan bersalam-salaman saling meminta maaf semoga puasa yang dijalani meraih keberkahan dan keutamaan dari Allah SWT. Mari kita bulatkan tekad dan niat untuk melaksanakan ibadah shaum dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan penuh pengharapan serta ketulusan, niscaya Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih).

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com