Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Sinar Tani
UPBS
kalender
web mail
satulayanan
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 56 Tamu online
Berita
Apresiasi Teknologi Pemanfaatan Lahan Keing Masam PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 25 September 2014 14:15
Pangan, pakan, bahan bakar dan serat merupakan isu regional, nasional dan global, pertanian bio-industri merupakan strategi pembangunan pertanian berkelanjutan di Indonesia. Lahan kering masam (sub optimal) potensial untuk pengembangan jagung dan kacang tanah. Tumpangsari merupakan salah satu alternatif sistem budidaya pada lahan sub optimal. Permasalahan lahan kering masam diantaranya adalah : 1) pH rata-rata <4,5 (kemasan tinggi) 2) Kejenuhan Al tinggi; 3) Miskin hara makro (P, K, Ca, Mg); 4) Kandungan bahan organik rendah.

Untuk itu Rabu,  September 2014 telah dilaksanakan  Acara Apresiasi Teknologi Pemanfaatan Lahan Kering Masam dengan Tumpang Sari Jagung dan Kacang Tanah  di Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Tujuan  diadakan Apresiasi adalah : 1) Menentukan varietas kacang tanah yang tepat untuk ditumpangsarikan dengan jagung; 2) Mengevaluasi efektivitas penambahan amelioran; 3) Meningkatkan produktivitas, efisiensi penggunaan  lahan, dan keuntungan usahatani secara tumpang sari; 4) Mendapatkan alternatif rekomendasi teknis sistem tumpangsari jagung dan kacangtanah pada lahan supoptimal; 5) Mendapatkan umpan balik dari stakeholder dan petani pengguna.

Peserta berjumlah 125 orang terdiri dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kab. Bengkulu Tengah, Dinas Perindustrian Kab. Bengkulu Tengah, BP4K Kab. Bengkulu Tengah, BPSB Provinsi Bengkulu, BP3K Kab. Bengkulu Tengah, Ibu Kepala Desa Pasar Pedati, Korluh Kecamatan Pondok Kelapa, Kelompok Tani Sungai Suci Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa sebagai petani kooperator.

Acara diawali sambutan Kepala BPTP Bengkulu disampaikan oleh Dr. Umi Pudji, MP  dan didampingi Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan Kabupaten Bengkulu Tengah (Durani,SP), Peneliti Dr. Wahyu Wibawa, MP sebagai penanggung jawab kegiatan, Dr. Eko dari Universitas Bengkulu, Kepala BP4K Kabupaten Bengkulu Tengah (mewakili Marzuan Riadi) dan PT. Indosit Prima sebaga penangkar bibit kacang tanah.

Selanjutnya diminta Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan Kabupaten Bengkulu Tengah (Durani,SP) untuk memberi sambutannya sebagai tuan rumah dan sekaligus membuka secara resmi.  Kepala Dinas berharap agar inovasi ini dikembangkan secara luas dan berjanji untuk mengupayakan program pengembangan jagung dan kacang tanah secara luas.

Kepala BP4K Kabupaten Bengkulu Tengah sangat mengapresiasi BPTP Bengkulu dengan adanya kegiatan tumpang sari jagung dan kacang tanah pada lahan kering masam. Inovasi ini sangat diperlukan oleh penyuluh dan petani pengguna. Seluruh peserta antusias mengikuti acara apresiasi, dan secara umum berminat untuk mencontoh budidaya secara tumpang sari.

Materi yang disampaikan :

  1. Teknologi Pemanfaatan Lahan Kering Masam dengan Tumpangsari Jagung dan Kacang Tanah oleh Dr. Wahyu Wibawa, MP dari BPTP Bengkulu
  2. Kebijakan Pengembangan Lahan Kering Masam di Kabupaten Bengkulu Tengah oleh Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan Kabupaten Bengkulu Tengah (Durani,SP)
  3. Dukungan  Lembaga Penyuluhan dalam Pengembangan Lahan Kering Masam di Kabupaten Bengkulu Tengah oleh Marzuan Riadi mewakili Kepala BP4K Kabupaten Bengkulu Tengah.
Kunjungan lapangan dipandu oleh Dr. Wahyu Wibawa, MP, nampak peserta sangat semangat dengan melihat dan mendengar pemandu.  Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab

LAST_UPDATED2
 
Tim Audit ISO 9001:2008 ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 24 September 2014 14:38


Bertempat di ruang Kepala Balai 24 September 2014 Auditor dari PT. Mutu Agung Lestari datang ke BPTP Bengkulu dalam rangka audit (tahap Surveillance I ISO 9001:2008). Rangkaian acara pembukaan langsung  dibuka oleh Kepala BPTP dengan  menyampaikan tujuan dari audit adalah mengetahui peningkatan kapasitas kenerja pegawai apakah meningkat, tetap atau berkurang dari tahun sebelumnya. Rapat dihadiri oleh Peneliti Penyuluh, Stuktural dan perangkatnya.

Auditor yang mengaudit BPTP Bengkulu kali ini adalah Bambang Yudi Susanto sebagai Lead Auditor QMS, dalam sambutannya menyampaikan tujuan audit kali ini adalah melaksanakan proses audit dengan meninjau konsistensi penerapan sistem manajemen mutu terhadap ISO 9001:2008, juga dilakukan efektifitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya. Memeriksa kesesuaian penggunaan logo sertifikasi dan meninjau peluang-peluang untuk peningkatan sistem manajemen kinerja yang diaudit.

Metode pelaksanaan audit : Wawancara, Review dokumen dan lapangan. Direncanakan audit akan dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 26 September 2014.

Penutupan acara ditutup dengan membacakan hasil audit. Diharapkan pada audit kali ini tidak ada temuan baik temuan mayor ataupun minor, diharapkan hanya berupa saran perbaikan saja sehingga dengan demikian hal tersebut menunjukkan bahwa BPTP Bengkulu telah menerapkan ISO 9001:2008 pada setiap staf  dan menunjukkan peningkatan kinerja yang baik.
LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Apresiasi Inovasi Teknologi dalam meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi di Kabupaten Kepahiang PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 21 September 2014 16:21


Menurut Keputusan Bupati Kepahiang Nomor: 452 Tahun 2010 tentang Penetapan Lokasi Pengembangan Kawasan Produksi Peternakan Kabupaten Kepahiang adalah Kecamatan Kabawetan sebagai lokasi pengembangan kawasan produksi peternakan.
Dalam rangka mendukung program daerah Kabupaten Kepahiang sebagai salah satu daerah pengembangan ternak sapi di Provinsi Bengkulu  perlu didukung inovasi teknologi sesuai kondisi wilayah. Badan Litbang Pertanian melalui BPTP berupaya melakukan dukungan melalui berbagai Pengembangan inovasi bidang peternakan di Kabupaten Kepahiang, antara lain Kegiatan Pendampingan, Diseminasi, Pengkajian inovasi dan Penyebaran hasil kajian melalui media informasi. Untuk melihat capaian hasil dan umpan balik permasalahan dan kebutuhan inovasi bidang peternakan maka dilakukan kegiatan Apresiasi Inovasi terkait. Sosialisasi/Apresiasi Inovasi Teknologi dalam meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi dilaksanakan di Kantor Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang tanggal 18 September 2014. Tujuan diadakan acara ini adalah mempertahankan, mendorong dan memotivasi peternak rakyat baik secara individu maupun kelompok.

Sasaran apresiasi adalah : 1)Tersedianya teknologi spesifik lokasi bidang peternakan; 2) Penyebarluasan (diseminasi) teknologi bidang peternakan; 3) Sinergi program daerah dan pengkajian pengembangan inovasi bidang peternakan; 4) Peningkatan perekonomian masyarakat dan peternak di Kab. Kepahiang

Hadir Kepala BPTP Bengkulu didampingi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kepahiang, Camat Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang, Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang, Kepala Dinas UKM dan Diperindak Kabupaten Kepahiang, Kepala Desa Mekar Sari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Peserta berjumlah 80 orang terdiri dari Kelompok Tani Peternak Desa Mekar Sari Kabupaten Kepahiang, penyuluh, peneliti, PPL.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala BPTP Bengkulu menyampaikan ucapan terimakasih kerjasamanya kepada Pemda Kepahiang terutama Kecamatan Kabawetan dengan dilaksanakan 3 kegiatan pengkajian. Kabupaten Kepahiang yang menghasilkan produk utama berupa biji kopi juga memiliki potensi besar untuk menghasilkan berbagai produk samping yang memilikl nilai ekonomi namun hingga kini belum banyak termanfaatkan. Tujuan dari Apresiasi ingin mendapatkan masukan dari pemerintah daerah, kegiatan apa yang dibutuhkan di Kabupaten  Kepahiang yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan peternakan besar.

Dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang menyampaikan berterimakasih atas kepercayaan BPTP Bengkulu melaksanakan kegiatan  di Kabupaten Kepahiang khususnya sektor peternakan.  BPTP Bengkulu telah memberikan sentuhan inovasi teknologi pada sektor peternakan  melalui kegiatan : 1) Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK); 2) Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Berbasis Inovasi (m-P3BI); 3) Pengkajian Agribisnis Sapi Perah, sehingga dapat memotivasi peternak yang ada. Kebiasaan yang dilakukan petani peternak di Kabupaten Kepahiang adalah malas mengarit dalam pemberiaan pakan ternak, yang digunakan adalah limbah batang jagung yang dipanen umur 70 hari. Dengan adanya teknologi baru sehingga dapat mengefisienkan tenaga dan biaya seperti Pembuatan Pakan Sapi dan Pupuk Kompos untuk pengembangan peternakan dan peningkatan produktivitas ternak sapi. Akhir sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang membuka acara secara resmi.

Materi yang disampaikan :
  1. Kebijakan Perencanaan Pembangunan Pertanian di Kabupaten Kepahiang
  2. Kebijakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang dalam pengembangan peternakan di Kabupaten Kepahiang 
  3. Peran BP4K dalam menunjang pengembangan peternakan di Kabupaten Kepahiang oleh Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang
  4. Inovasi Teknologi Peternakan mendukung peningkatan produktivitas ternak sapi di Kabupaten Kepahiang oleh Peneliti BPTP Bengkulu (Ir. Ruswendi, MP)

Setelah pemaparan materi  dilanjutkan dengan diskusi dan diselingi dengan pihak BRI dengan misinya untuk memberikan dana pimjaman kepada petani peternak.

Petani peternak Desa Mekar Sari telah menghasilkan 20 ton pakan sapi tambahan yang telah difermentasi (fermentasi adalah campuran dari kulit kopi dan dedak padi). Dimana BPTP sebagai pemberi teknologi dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang memfasilitasi dan selanjutnya diharapkan petani terampil dan dapat membuat sendiri. Pakan sapi dibagikan kepada 16 kelompok tani. Apresiasi diakhir dengan demonstrasi pembuatan pakan sapi dan pupuk kompos.


LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com