Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita
Kunjungan Pusdatin Kementan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 19 April 2014 17:57
Peran Sistim Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung kegiatan penelitian danpengembangan pertanian terutama dikaitkan dengan upaya pencapaian visi Badan Litbang Pertanian menjadi lembaga penelitian berkelas dunia.

Keamanan data perlu menjadi perhatian utama, oleh karena itu diperlukan tindak lanjut dengan melakukan kajian dan analisis tentang keamanan data pada masing-masing UK/UPT, sehingga budaya dan prilaku dalam pengelolaan dan pemanfaatan TIK di UK dan UPT sesuai dengan kaidah-kaidah (norma, budaya) yang berlaku.

Dalam upaya mendukung pengembangan dan implementasi Private Cloud Computing Badan Litbang Pertanian, infrastruktur yang telah terbangun yaitu Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) di 65 Satuan Kerja lingkup Badan Litbang Pertanian, untuk segera dimanfaatkan oleh Satuan Kerja (UK/UPT) sehingga ada umpan balik kepada Sekretariat Badan Litbang Pertanian untuk evaluasi, perbaikan dan pengembangan di TA. 2014.

Untuk itu Rabu, 16 April 2014 berkunjung ke BPTP Bengkulu Tim Pusdatin Kementerian Pertanian dalam rangka apresiasi dan evaluasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lingkup Kementan. Tujuan dari kunjungan adalah pengumpulan data dan informasi pemanfaatan produk layanan sistim informasi serta bimbingan teknis pemanfaatan layanan TIK Kementan. Tim terdiri dari 1) Teuku Ardianzah S. S,Kom; 2) Haryanto; 3) Ellis Elyani S, S.Kom 4) Yenni Tat S.Kom.

Bertempat di ruang rapat Kepala Balai Tim mengadakan pertemuan didampingi oleh KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari) dan tim TIK BPTP Bengkulu. BPTP Bengkulu menyambut baik kunjungan tim, agar permasalahan yang ada dapat diselesaikan. Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) dapat segera dimanfaatkan dan operasional.  

 
Kunjungan Tim Pembinaan dan Pendampingan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 17 April 2014 12:46
Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pendampingan serta membantu SDM, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu mendapat kunjungan dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) oleh Tim Peningkatan Kinerja (TPK).  Tim Pembinaan terdiri dari : 1. Dr. Trip Alihamsyah, MS dan 2. Prof Bambang Prastowo.

Tujuan : 1) Pembinaan dan pendampingan sesuai dengan identifikasi topik materi yang dibutuhkan; 2) Membantu pelaksanaan kegiatan penelitian/pengkajian.

Pada kunjungan Tim didampingi Koordinator Program (Dr. Wahyu Wibawa, MP), KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari, M.Si), Kasubag Tata Usaha (Wilda Mikasri, M.Si) mengadakan pertemuan di aula pertemuan BPTP Bengkulu yang dihadiri peneliti  dan penyuluh.

Pertemuan diawali dengan sambutan Kepala Balai yang diwakili Koordinator Program (Dr. Wahyu Wibawa, MP) menyampaikan BPTP Bengkulu menyambut baik antusias dan  telah menyiapkan proposal dan konsep bioindustri, semoga BPTP Bengkulu dapat pencerahan dan pendalaman untuk perbaikan kedepan.
Materi  yang disampaikan : 1) Penjaringan proposal Pengkajian/Diseminasi 2015; 2) Penyusunan Konsep Bio Industri; 3) Penyusunan Konsep Renstra 2015-2019.   
Selesai penyampaian materi tim pembinaan langsung terjun ke lapangan Kab. Lebong.

 
LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 04 April 2014 11:35
Perjalanan kunjungan kerja (kunker) Kepala Badan Litbang Pertanian ke Bengkulu merupakan perjalanan strategis untuk melihat secara langsung kondisi UPT Badan Litbang Pertanian dan kinerja para peneliti di BPTP Bengkulu. Pagi yang cerah tepat pukul 7.30 WIB Kepala Badan Litbang Pertanian beserta rombongan tiba di Kantor BPTP Bengkulu, disambut oleh staff BPTP Bengkulu. Kunjungan diawali dari kandang ayam KUB, laboratorium tanah, laboratorium pasca panen, rice milling unit, gudang benih UPBS, laboratorium diseminasi. Foto-foto Kunjungan.

Kepala Badan Litbang Pertanian didampingi Dr. Umi Pudji Astuti, Yong Farmanta, KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari), Kasubag TU (Wilda Mikasari) menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan Peneliti, Penyuluh dan staf administrasi. Kedatangan Kepala Badan Litbang Pertanian disambut gembira dapat melihat langsung kondisi di BPTP Bengkulu.

Pada pertemuan ini Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan beberapa hal : Peran Badan Litbang dalam perakitan inovasi teknologi dan diseminasi teknologi  ke pengguna.  Inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang dalam 5 tahun terakhir telah diadopsi oleh pengguna tidak hanya nasional tetapi juga negara di luar. 

Badan Litbang juga mempunyai cakupan tugas yang banyak yaitu Organization Learning yang dicirikan oleh Knowledge Management. Badan Litbang bekerja dalam Science, Innovation,  and Network (sesuai dengan tagline Badan Litbang).  Maknanya adalah Litkajibangdiklatluhrap.  Hal ini dalam rangka menyosong era gobal, tidak hanya dengan pemerintah daerah, tetapi juga dengan pusat.  Tidak hanya nasional maupun juga negara luar. Sehingga perlu network yang global.  Makna lain adalah dua kelompok utama : 1) Balai yang lebih Science; ada porsi untuk inovasi; yang sangat penting. 2) Balai yang lebih inovasi, ke pengkajian (adaptif research) dan lebih banyak produk yang ke lapangan.  Tetapi porsi science juga diperlukan. Peran Badan Litbang kedepan makin lama makin sangat diperlukan. 

Dikarenakan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat sehingga kebutuhan juga semakin meningkat.  Seperti kesiapan dan kecukupan food and energy.  Pertanian juga dianggap sebagai science yang sangat kompleks.  Ada 4 hal untuk membangun pertanian moderen (berdasarkan pertemuan Global Leaders for Agricultural Science and Technology di Beijing, China): 1) Harus menguasai Bio Science, 2) Pentingnya Engineering pertanian, 3) Harus menguasai teknologi dan inovasi merespon dinamika iklim, 4) Aplikasi IT di hulu hilir pertanian.

Diakhir pertemuan kepada seluruh staff diberikan kesempatan menyampaikan keluh kesah dan harapan.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com