Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

SERBA SERBI
satulayanan
UPBS
kalender
web mail
Sinar Tani

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 24 Tamu online
Berita
Pra Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2013 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 14 Desember 2013 19:49
Jumat, 13 Desember bertempat di LPMP Propinsi Bengkulu diadakan Pra Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2013 tingkat Satker dan Wilayah Kementerian Pertanian Propinsi Bengkulu. Hadir  Kepala BPTP Bengkulu didampingi Kepala Sub Tata Usaha BPTP Bengkulu dan Ditjen Perbendaharaan Negara Propinsi Bengkulu.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya selanjutnya kata sambutan Kepala BPTP Bengkulu selaku Kepala Sekretariat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang (UAPPA/B) wilayah Kementerian Pertanian Proppinsi Bengkulu sekaligus membuka acara secara resmi.

Para peserta berjumlah 40 orang terdiri dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan satuan Kerja Kantor Daerah (KD) yaitu Dirjen Tanaman Pangan; Ditjen Hortikultura, Dirjen Perkebunan,  Ditjen Peternakan, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, Badan Karantina Pertanian.

Nara sumber berasal dari Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara Bengkulu dengan materi : Pedoman Rekonsiliasi. Tujuan workshop adalah  1) mengetahui secara dini kesalahan pencatatan yang terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan/barang satker; 2) Verifikasi menitik beratkan pada belanja barang yang menggunakan akun 526, apakah sudah terinput dalam aplikasi persediaan dan penerbitan BAST jika barang tersebut sudah diserahkan kemasyarakat/pemda; 3) Meningkatnya komitmen pimpinan akan pentingnya penyusunan laporan keuangan yang berkualitas agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan dinilai akuntabel, baik ditingkat satker, wilayah, eselon I dan Kementerian Pertanian; 4) Tersusunnya draft  keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri dari Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekosentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan(TP).

Sebelum memulai pemaparan materi diawali dengan doa semoga workshop berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan dan berjalan lancar.

Pada hari ke 2 PRA Workshop Penyusunan Laporan Keuangan  para peserta (operator SAK dan SIMAK – BMN satker lingkup Kementerian Pertanian se propinsi Bengkulu) mulai memeriksa kelengkapan dokumen keuangan meliputi :
  1. Kelengkapan dokumen sumber
  2. Pagu Anggaran dan Estimasi Pendapatan
  3. Realisasi Pendapatan dan Pengembalian Belanja Pendapatan
  4. Realisasi Belanja
  5. Realisasi Belanja Bansos
  6. Realisasi Pengembalian Belanja
  7. Neraca Percobaan
  8. Saldo Awal Percobaan
  9. Kas di Bendahara Pengeluaran
  10. Kas Lainnya dan Setara Kas
  11. Kas di Bendahara Penerimaan 
  12. Piutang Bukan Pajak
  13. Aset Tetap, Kontruksi dalam pengerjaan, mutasi tambah/kurang aset tetap, bagian lancar TP/TGR dan Tagihan RP/TGR, Informasi Aktual dan Aset lain-lain


LAST_UPDATED2
 
Pengurus Daerah Salimah Kabupaten Bengkulu Tengah dan BPTP Bengkulu jalin kerjasama PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 13 Desember 2013 20:20
Pemerintah berupaya menggerakkan budaya menanam di lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di perdesaan melalui program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), untuk mewujudkan kemandirian pangan. Dengan prinsip pemanfaatan pekarangan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan menuju kesejahteraan keluarga.

Lahan pekarangan memiliki fungsi multiguna, karena dari lahan yang sempit bisa dihasilkan bahan pangan seperti umbi-umbian, sayuran, buah-buahan, bahan rempah dan obat bahkan bahan pangan hewani seperti ternak kecil dan ikan. Sebagai salah satu wilayah program MKRPL,

Ormas Salimah (Persaudaraan Muslimah) cabang Provinsi Bengkulu melakukan penjajakan kerjasama dengan BPTP Bengkulu dengan mengadakan acara "Workshop Daerah Percepatan, Perluasan dan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari melalui kerjasama dengan Persaudaraan Muslimah Propinsi Bengkulu",  Rabu 12 Desember 2013 di Aula Kantor BPTP Bengkulu. Acara dibuka oleh Kepala BPTP Bengkulu, Koordinator MKRPL BPTP Bengkulu dan Ketua Pengurus Daerah Propinsi Bengkulu.

Kepala BPTP Bengkulu memberikan penjelasan mengenai program MKRPL yang dilakukan di Provinsi Bengkulu. Perwakilan Salimah cabang Provinsi Bengkulu  melakukan silaturahmi guna menindaklanjuti MoU yang dilakukan Badan Litbang Pertanian dengan Ormas Salimah. Salimah cabang Propinsi Bengkulu tertarik melakukan kerjasama dalam pengembangan Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL). Beberapa hasil penjajakan kerjasama yaitu Salimah mendiseminasikan program MKRPL kepada kadernya, dan BPTP Bengkulu sebagai narasumber teknologi. Salimah ingin melakukan pelatihan di kader pengurus terlebih dahulu baru ke non pengurus.

Penjajakan yang dilakukan ini menuju kearah kerjasama diseminasi agar program MKRPL ini berkembang lebih luas lagi kemasyarakat. BPTP Bengkulu sebagai sumber teknologi membina elemen masyarakat dalam pengembangan rumah pangan lestari. BPTP Bengkulu menyambut baik setiap kerjasama pada elemen masyarakat dalam membangun dan menyukseskan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL).

Materi Workshop adalah :
  1. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Memperkuat Ketahanan Pangan Berkelanjutan oleh Dr. Dedi Sugandi
  2. Pestisida Nabati oleh Yahumri
  3. Cara membuat mikro organism local (MOL) oleh Yahumri
  4. Tahapan Membangun Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) oleh Dr. umi Pudji Astuti

LAST_UPDATED2
 
PENGUMUMAN JADWAL SEMINAR INOVASI DI SANTIKA HOTEL BENGKULU PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 11 Desember 2013 17:36
PENGUMUMAN

Mohon maaf dan perhatian untuk para peserta Seminar Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi Mendukung Empat Sukses Kementerian Pertanian di Provinsi Bengkulu, Sosialisasi dan Seminar Hasil Kegiatan Litkaji di Santika Hotel Bengkulu yang semula direncanakan diadakan pada tanggal 16 Desember 2013 diundur menjadi tanggal 30 Desember 2013. Pengumuman makalah yang diterima akan diumumkan melalui email dan website BPTP Bengkulu pada tanggal 17 Desember 2013.

Untuk format tulisan dapat dilihat dibawah ini :
1.    Format Tulisan
2.    Undangan
3.    Leaflet Seminar Nasional (Halaman Depan dan Halaman Belakang)

Untuk perhatian mohon maaf kesalahan dari kami pada LEAFLET, untuk emailnya tertulis Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya koreksi menjadi Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya terimakasih.

LAST_UPDATED2
 
Penandatangan MOU Balitbangtan dengan Kab. Muko-muko Bengkulu pada acara Pekan Pertanian Spesifik Lokasi di Sulawesi Tenggara PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 11 Desember 2013 14:05
Untuk kedua kalinya, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Pekan Pertanian Spesifik Lokasi (PPSL) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Kali ini penyajian materinya dikelompokkan berdasarkan pada delapan agroekosistem yaitu: Lahan Sawah Intensif (LSI); Lahan sawah semi intensif (LSSI); Dataran rendah beriklim kering (LKDRIK); Dataran tinggi beriklim kering (LKDTIK); Dataran rendah beriklim basah (LKDRIB); Dataran tinggi beriklim basah (LKDTIB); Lahan rawa pasang surut (LRPS); serta Lahan rawa lebak (LRL).

Dalam PPSL kali ini, BPTP Bengkulu menampilkan teknologi spesifik Bengkulu seperti Caplak roda, Mangga Bengkulu, Jeruk Gerga berserta teknologi pengolahan pascapanennya yang masuk dalam agroekosistem Lahan Sawah Intensif dan Dataran Tinggi Beriklim Basah. Dalam mengembangkan sinergi dengan lembaga non Kementerian Pertanian dan swasta, untuk menjalin kerjasama dalam mengembangkan inovasi Badan Litbang Pertanian yang beberapa di antaranya direalisasikan dengan penandatanganan naskah nota kesepahaman antara lain :

  1. Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) melalui Penyediaan Teknologi Pertanian Tepat Guna Spesifik Lokasi Guna meningkatkan Daya Saing dan Nilai Tambah Produk Pertanian di Wilayah Jawa Barat kerjasama Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) (Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng) dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat (Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA)
  2. Pengembangan Inovasi dan Teknologi di bidang Pertanian antara Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) dengan Badan Penelitian (Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng) dengan Pengembangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Drs. H. Bachrun, M.Si.)
  3. Diseminasi Hasil Penelitian Padi Gogo dan Pupuk Organik Hayati  antara Pusat Penelitian Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc.) dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng)
  4. Pendampingan Pemanfaatan Lahan Gambut untuk Pengembangan Tanaman Pangan dan Hortikultura antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Dr. Ir.Haryono, M.Sc.)     dengan Pemerintah Kabupaten Muko-muko, Provinsi Bengkulu (Drs. H. IchwanYunus, CPA, MM)
  5. Pengembangan Inovasi Teknologi di Bidang Pertanian antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Dr. Ir.Haryono, M.Sc.) dengan PT. Hobson Interbuana Indonesia (H. Hasan Abubakar)
Merespon isu strategis terkait dengan ketahanan pangan dunia, khususnya terkait dengan isu pentingnya penguatan ketahanan pangan dalam situasi perubahan iklim dan mendukung upaya penyebarluasan inovasi pertanian spesifik lokasi, Pekan Pertanian Spesifik Lokasi (PPSL) II tahun 2013 ini mengangkat tema: “Percepatan Pemanfaatan Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi  Mendukung Sulawesi sebagai Lumbung Pangan Nasional”.  Demikian dikemukakan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono pada acara pembukaan PPSL-II di lapangan eks MTQ Kendari.

PPSL-II diselenggarakan tanggal 21-25 November 2013 dengan rangkaian acara: Pameran Inovasi Pertanian Spesifik Lokasi, Gelar Teknologi dengan nuansa KRPL, dan Sminar Nasional Inovasi Pertanian Spesifik Lokasi.  Selain kegiatan utama tersebut, selama PPSL berlangsung, diselenggarakan pula tiga side event yaitu: 1) Pelatihan Pemupukan, Penggunaan PUP, dan Sosialisasi KATAM yang dalam kesempatan ini telah disampaikan 18 unit PUP kepada 18 BPTP sentra produksi beras dan 43 unit PUTS kepada Dinas Pertanian Provinsi,  2) Workshop Pengelolaan Sumber Daya Genetik Lokal mendukung Ketahanan Pangan Nasional, dan 3) Implementasi Model Simulasi Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal.

Lebih lanjut Dr Haryono mengemukakan bahwa keberagaman sumberdaya pertanian spesifik lokasi merupakan potensi dalam percepatan pencapaian target pembangunan pertanian nasional sebagaimana sudah ditetapkan dalam MP3EI maupun empat target sukses Kementerian Pertanian. Untuk menggali potensi tersebut, dukungan penerapan teknologi yang spesifik lokasi sangat menentukan.   Oleh karena itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian,  melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang berada di tiap provinsi, melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam menghasilkan inovasi pertanian spesifik lokasi dalam optimasi pemanfaatan sumberdaya lokal di masing-masing provinsi dengan dukungan dari Balit/Puslit/Balai Besar serta bersinergi dengan berbagai stakeholders terkait baik di pusat maupun di daerah
 
Pemanfaatan potensi lokal ini juga sejalan dengan pernyataan Wakil Menteri Pertanian. Dr. Rusman Heriawan, dalam sambutan pembukaan PPSL beliau menegaskan bahwa untuk pelaksanaan pembangunan pertanian agar menggunakan pendekatan kearifan lokal.  Dengan kata lain penggunaan teknologi maupun mekanisme pelaksanaannya agar dikembalikan pada kondisi daerah masing-masing.  Karena yang tahu potensi masing-masing daerah adalah mereka sendiri, sehingga diberi kebebasan untuk berbuat.  Yang penting menurut beliau tujuan ketahanan pangan bisa tercapai.

Event PPSL ini juga direspon positif oleh Gubernur Sultra Nur Alam, yang menurutnya sangat relevan dengan untuk mendukung program Sulawesi Tenggara yang dikemas dalam bentuk program Bangun Kesejahteraan Masyarakat (Bahteramas), dan disini perlu dukungan untuk penerapan inovasi teknologi pertanian yang disesuaikan dengan kondisi spesifik wilayah. 

Memenuhi kebutuhan daerah akan perlunya data kesesuaian pewilayahan komoditas, pada kesempatan ini pula, dalam rangkaian acara pembukaan, diundang para Sekretaris Daerah untuk menerima secara simbolis Peta AEZ (Agro-Ecological Zone) skala 1:250.000 yang telah disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan
Pertanian untuk masing masing provinsi. 
 
LAST_UPDATED2
 
Pertemuan Kelompok Pengkaji BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 09 Desember 2013 10:55
Pertemuan teknisi Kelompok Pengkaji (Kelji) Sumberdaya dan Pasca Panen lingkup intern dalam rangka  Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi, BPTP Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu. 

Acara dipimpin oleh Ketua Kelji Yong Farmanta dan Irma Calista diadakan di ruang pertemuan Kepala BPTP Bengku pagi 9 Desember 2013. Tujuan dari pertemuan untuk melatih kecakapan, mengembangkan kecakapan peneliti dalam presentasi makalah, saran  dan perbaikan.

Tulisan yang kali ini ditampilkan antara lain :
  1. Analisis Tanah sebagai Indikator Tingkat Kesuburan Lahan Sawah di Propinsi Bengkulu oleh Nurmegawati dan Eddy Makruf
  2. Sifat Organeleptik Mutu dan Nilai Ekonomi Keripik Pisang Jantan (penggorengan Vakum) oleh Wilda Mikasari, Lina Ivanti, Alfayanti
  3. Implementasi Kalender Tanam Padi Sawah sebagai Antisipasi Perubahan Iklim oleh Yong Farmanta, Nurmegawati
  4. Mutu Organoleptik dan Nilai Tambah Sari Jeruk dengan Formula Penghilang Rasa Pahit oleh Wilda  Mikasari, Taufik Rahman dan Lina Ivanti

Dengan pertemuan ini diharapkan karya tulis yang dihasilkan menjadi lebih baik.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com