Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita
Siswa.i SMK N 6 Bengkulu magang di BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 05 September 2013 07:58
Sebagai salah satu bentuk kerjasama BPTP Bengkulu dengan Pemerintah Daerah setiap tahunnya. Rabu  4 September 2013 SMK Negeri 6 Kota Bengkulu menugaskan sejumlah siswa untuk melakukan praktek/magang di kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu.  Saat ini tercatat 12 orang siswa dari SMK Negeri 6 Bengkulu melakukan magang selama 2 bulan dan berakhir pada November 2011. BPTP Bengkulu memberikan ilmu pengetahuan dan pelatihan kerja yang disebut praktek kerja industri guna menambah dan memperdalam ilmu yang dipelajari di sekolah dengan ilmu yang dilaksanakan langsung  dengan teknologi pertanian pada kegiatan pengkajian BPTP Bengkulu yang sedang berjalan.
Selama magang siswa/siswi  dibimbing oleh Wahyuni Amelia Wulandari, M.Si, Alfayanti SP;  Waluyo A.Md; Ir. Eddy Makruf; Lina Ivansti, STP.

Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kota Bengkulu adalah menambah dan mensinkronkan teori dengan praktek sesuai program keahlian pertanian dalam kompetensi teknologi pengolahan hasil pertanian dalam rangka agar lulusan memiliki kompetensi dan kompentensi dengan jurusannya.

Direncanakan setiap hari jumat siswa diberi kuliah umum, seperti Pengenalan Website BPTP Bengkulu, Perpustakaan, Laboratorium Diseminasi, Labor Pasca Panen, Laboratorium Tanah, Klinik Agribisnis.  Setelah magang para siswa diwajibkan membuat laporan kerja usaha untuk setiap kelompok. Kepala BPTP berpesan kepada siswa agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar nanti akan sangat bermanfaat untuk kita sendiri.

Diakhir pelaksanaan siswa/siswi diwajibkan membuat laporan prakerin yang berupa proposal yang isinya tentang praktek kerja industri dan disahkan oleh Kepala BPTP Bengkulu dan sekolah/pembimbing.
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kota Bengkulu (Hasan Baksin, S.Pd) menitipkan siswa/siswi kepada BPTP Bengkulu untuk dibina untuk menambah wawasan dalam teknologi pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Penyuluh BPTP Bengkulu mendapat prestasi Pemakalah Terbaik dibidang Penyuluhan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 03 September 2013 22:27
Bogor – bertempat di Auditorium Sadikin Sumintawikarta Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) tanggal 21 – 22 Agustus 2013 sejumlah 197 peserta dari seluruh BPTP, termasuk BPTP Bengkulu berkumpul untuk  melaksanaka workshop dengan tema “Peningkatan Profesionalisme Jabatan Fungsional Non-Peneliti Badan Litbang Pertanian berorientasi Sciences, Innovation dan Network yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Ka. Bag Kepegawaian Badan Litbang, Djoko Purnomo, M.Ps.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan temu teknis non-peneliti ini merupakan kegiatan yang secara konsisten diselenggarakan oleh Badan Litbang dan merupakan ajang untuk berdiskusi serta bertukar pikiran dan informasi.  Beliau juga mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.  Temu Teknis Jabatan Fungsional Non-Peneliti dan Perekayasa ini mengakomodir kepentingan pejabat fungsional non-peneliti dalam rangka pembinaan, pengembangan karir dan peningkatan produktivitas kerja di lingkungan Badan Litbang Pertanian. Temu teknis, para pejabat fungsional non-peneliti diharapkan dapat menyampaikan buah karya tulis, ide-ide dan kreativitas dalam pekerjaannya serta saling tukar menukar pengetahuan yang dimiliki dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas pekerjaan.

Tujuan dari workshop adalah : Jabatan fungsional non-peneliti merupakan pelaksana tugas organisasi yang menuntut persyaratan ketrampilan, profesional, bertanggung jawab, adil dan jujur. Untuk menjadi pemangku jabatan fungsional non-peneliti yang profesional diperlukan kiat-kiat seperti dedikasi, semangat, kreatif serta memiliki prinsip hidup ke depan untuk selalu lebih maju.  Karya tulis ilmiah yang baik memerlukan beberapa persyaratan antara lain: Accurate (tepat), Audience adapted (mudah dimengerti), Brief (ringkas), dan Clear (jelas). Pembinaan secara rutin serta dorongan motivasi yang cukup besar dari atasan langsung maupun tidak langsung diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme pejabat fungsional non-peneliti, sehingga yang bersangkutan dapat bekerja mandiri dengan kemampuan dan kompetensi yang telah dimiliki.

Dalam pertemuan, disajikan 2 makalah utama yaitu: (1) Peran dan tantangan jabatan fungsional tertentu (Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, (2) Kiat-kiat penulisan karya tulis ilmiah dan membangun budaya kerja dan etika pejabat fungsional dalam rangka peningkatan profesionalisme jabatan fungsional tertentu yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sumarno. Kegiatan temu teknis menyajikan 73 makalah penunjang dari berbagai jabatan fungsional non-peneliti seperti penyuluh, pustakawan, litkayasa, arsiparis, pranata komputer, statistisi, analis kepegawaian dan pranata humas.

Dua makalah BPTP Bengkulu yang disampaikan dalam kegiatan temu teknis dibawakan   oleh : Ir. Sri Suryani M. Rambe dan Peranan Metode Penyuluhan (Temu Lapang) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penyuluh Pendamping P2KP dalam Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Terpadu di Provinsi Bengkulu oleh Dr. Umi Pudji Astuti, MP dan Bunaiyah Honorita, SP.

Dari pemakalah yang ikut serta dalam pertemuan, BPTP Bengkulu terpilih sebagai Pemakalah Terbaik di bidang penyuluhan yakni Bunaiyah Honorita, SP.
Bapak Wisno Broto selaku Wakil Ketua Pokja Pembinaan Bidang SDM menyampaikan bahwa pemilihan pemakalah terbaik ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi semua jabatan fungsional non-peneliti untuk terus belajar dan berkarya dengan baik.  Setelah pemberian penghargaan kepada pemakalah terbaik, acara kemudian ditutup oleh Wakil Ketua Pokja Pembinaan Bidang SDM, Bapak Wisnu Broto. Pertemuan teknis jabatan fungsional non-peneliti seperti ini diharapkan dapat diselenggarakan secara periodik untuk dapat memberikan kesempatan dalam menyampaikan buah karyanya serta dapat menjangkau seluruh pejabat fungsional non-peneliti yang ada di lingkup Badan Litbang Pertanian.


LAST_UPDATED2
 
Hari Kemerdekaan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 17 Agustus 2013 17:03
Sabtu 17 Agustus 2013, Peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 68 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu di halaman kantor  melaksanakan upacara bendera. Upacara diikuti oleh seluruh staff BPTP Bengkulu dan dirasa cukup khidmat. Bertindak selaku komandan upacara Kasubag  Tata Usaha (Wilda Mikasari), Pembacaan UUD 1945 (Zainani),  Doa  (Yahumri).

Pengibaran bendera merah putih yang diiringi dengan menyanyikan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Dilanjutkan menyanyikan lagu 17 Agustus, padaMu Negeri.

Dalam memeriahkan hari kemerdekaan diadakan lomba nyanyi antar kelompok pengkajian, pelayanan lingkup BPTP Bengkulu. Diselingi dengan membagikan hadiah lomba anak – anak yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya.
LAST_UPDATED2
 
Halal Bihalal Idul Fitri 1434 H PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 16 Agustus 2013 14:14

Halal Bihalal KELUARGA Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu

 

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434 H, Kamis 15 Agustus 2013   Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu  mengadakan acara halal bihalal, di Lapangan Outbond Jenggalu, Pantai Panjang Bengkulu.

 

Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah “Dengan Halal Bihalal Kita Pererat Tali Silaturrahim Keluarga Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu”  Perayaan halal bihalal kali ini dihadiri oleh Kepala Balai beserta ibu, Peneliti dan keluarga, Penyuluh dan keluarga,  seluruh pegawai dan keluarga BPTP Bengkulu.

 

Acara halal bihalal tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPTP Bengkulu Bapak Dedi Sugandi. Dalam sambutanya, Bpk. Dedi Sugandi mengucapkan selamat Idul Fitri 1434 H kepada seluruh hadirin yang merayakan, serta menyatakan bahwa silaturahmi ini penting untuk lebih mengenal dan memahami satu dengan yang lain

 

Acara dilanjutkan dengan saling bersalam-salaman dan saling memaafkan diantara satu dengan yang lain. Untuk lebih memeriahkankan acara halal bihalal pada peringatan Idul Fitri 1434 H ini diadakan lomba bagi anak-anak berupa lomba lari karung, makan kerupuk, lomba karoeke dan joged. Tak ketinggalan untuk lomba karung ikut serta bapak dan ibu yang hadir. Untuk anak-anak pemenang lomba diberikan hadiah yang unik. Pada acara diiringi organ tunggal selalu siap melayani permintaan lagu yang direquest.

 

LAST_UPDATED2
 
Pengadaan Lemari Asam di laboratorium BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 29 Juli 2013 14:03
Laboratorium  Tanah merupakan  salah   satu   sarana   penelitian/pengkajian   yang digunakan untuk mendukung penelitian/pengkajian dasar dan terapan, serta melayani pengguna untuk analisis tanah, tanaman, air dan pupuk. Laboratorium tanah bertugas untuk melayani permintaan analisis dari peneliti baik dari BPTP maupun dari luar seperti: perguruan tinggi, perusahaan Swasta dan instansi pemerintah serta petani.

Dalam rangka mendukung kegiatan laboratorium tanah, BPTP Bengkulu menambah satu peralatan lemari asam (Fume Hood) FH 1210, Type 1210 x 900 x 2400 mm. Untuk melakukan operasional alat tersebut telah mendatangkan teknisi dari PT Ascotama Inti Nusantara yaitu Bapak Amal Maulana pada hari Senin tanggal 22 Juli 2013 hingga Rabu 24 Juli 2013, untuk melatih petugas laboratorium. Tim PT. Ascotama Inti Nusantara disambut baik oleh Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Bengkulu (Wahyuni Amelia Wulandari, M.Si) dan Penanggung-jawab Laboratorium Tanah (Irma Calista) dan anggota Lab lainnya.

Fungsi dari Lemari asam di laboratorium tanah sangat penting demi keselamatan analis laboratorium dalam bekerja dan juga berusaha mengurangi damopak pencemaran terhadap lingkungan sekitar serta demi kelancaran analisa di labolatorium Tanah. Lemari asam merupakan tempat dilaksanakannya analisa yang menggunakan bahan kimia yang mudah menguap seperti asam sulfat (H2SO4), asam nitrat, asam perklorat, asam klorida, dan lain-lain.


Dengan penambahan 1 unit peralatan laboratorium tanah berupa Lemari Asam, diharapkan kinerja Laboratorium tanah BPTP Bengkulu lebih maksimal dan untuk ke depannya dapat mempersiapkan diri menuju proses Akreditasi Laboratorium berdasarkan SNI 17025:2008.
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com