Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
web mail
Sinar Tani
SERBA SERBI
satulayanan
UPBS

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 25 Tamu online
Caplak Roda PDF Cetak E-mail
Technology Information - Alsin
Oleh Ir. Ahmad Damiri   
Minggu, 19 Februari 2012 18:47
 Caplak termasuk alat pertanian tradisional yang berfungsi untuk membuat garis pola jarak tanam padi. Pada pertanaman dengan system jajar legowo, penggunaan Caplak sangat dibutuhkan untuk pembuatan garis pola tanam.

PERBEDAAN CAPLAK BIASA DENGAN CAPLAK RODA

Pada Caplak biasa, bagian bawah caplak terdiri atas bilangan kayu yang dipasangi kayu lain berbentuk setengah lingkaran. Jarak antar satu kayu (setengah lingkaran) dengan kayu lain 20 cm atau sesuai dengan jarak rumpun-rumpun padi yang akan ditanam. Bagian atasnya berupa batang kayu bulat sebagai pegangan. Cara menggunakan alat ini adalah menariknya secara vertical  dan horizontal, sehingga pertemuan garis-garis yang  tercetak akan membentuk garis kotak-kotak. Selanjutnya bibit padi ditanam pada setiap titik pertemuan antara baris vertical dengan horizontal.

Pada Caplak Roda, bilahan kayunya bukan setengah lingkaran, tetapi lingkaran penuh. Kalau pada caplak biasa  pembuatan garis pola jarak  tanam terbentuk karena kayu berbentuk setengah lingkaran yang menyentuh tanah ditarik  sehingga membentuk garis, sedangkan pada Caplak Roda pembuatan garis terjadi karena roda yang berputar menyentuh tanah dan membentuk garis.

KELEBIHAN CAPLAK RODA DIBANDING CAPLAK BIASA

Pada Caplak Roda, untuk membentuk garis pola jarak tanam potongan vertical dan horizontal dilakukan dengan sekali tarik saja. Sedangkan pada Caplak Biasa dilakukan penarikan caplak dua kali yaitu secara vertical dan horizontal, sehingga pembuatan  garis pola jarak tanam menggunakan caplak roda dua kali lebih cepat dibandingkan dengan caplak biasa, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk membuat garis pola jarak tanam  menjadi setengahnya. Dengan biaya yang lebih rendah ini, maka biaya tanam padi menjadi lebih murah.

PERKEMBANGAN CAPLAK RODA

Saat ini penggunaan Caplak Roda sedang berkembang dan semakin banyak petani yang mulai menggunakannya. Di Provinsi Bengkulu Caplak Roda pertama digunakan oleh petani di Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan, selanjutnya mulai diperkanalkan di daerah lain melalui hubungan antar petani dari pameran pada PEKAN DAERAH DI KABUPATEN LEBONG, sehingga petani dari berbagai kabupaten lain sudah mulai mengenal CAPLAK RODA.

PERBAIKAN CAPLAK RODA OLEH BPTP BENGKULU

Dengan semakin berkembangnya pemakaian Caplak Roda di Provinsi Bengkulu, perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan BPTP Bengkulu yaitu pada ketepatan ukuran dan system bongkar pasang (knock down)

Caplak roda yang dibuat petani kurang memperhatikan ketepatan ukuran untuk menghasilkan keteapatan ukuran untuk menghasilkan garis pola jarak tanam. PAdahal dengan ukuran yang tepat, akam memudahkan perhitungan perkiraan produksi melalui petak ubinan yang dilakukan.

TIPE CAPLAK RODA

Ada dua tipe Caplak Roda yang dapat dibuat yaitu : tipe tegel dan tipe legowo. Tipe legowo dapat berupa legowo 4 : 1maupun legowo 2 : 1. Saat ini tipe caplak roda yang telah dibuat BPTP Bengkulu yaitu tipe tegel dan tipe legowo 4 : 1.
  1. Tipe tegel yaitu caplak roda yang jarak antar masing-masing rodanya 20 cm, sehingga garis pola jarak tanam  yang terbentuk berupa tegel. Bagi petani tenaga tanam yang sudah biasa menanam dengan system legowo, hasil garis pola jarak tanam yang dibentuk dari caplak tipe tegel dapat dijadikan legowo 4 : 1 atau 2 : 1 dengan cara meniadakan penanaman satu baris sebagai lorong.
  2. Tipe legowo 4 : 1 yaitu caplak roda yang jarak antar masing-masing rodanya 20 cm dan satu roda direnggangkan menjadi 40 cm sehingga membentuk lorong dan terbentuk garis pola jarak tanam legowo 4 : 1. Tipe ini sangat bermanfaat bagi petani penanaman yang masih pemula.

                     CAPLAK DILIPAT
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com