Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Sinar Tani
satulayanan
web mail
kalender
UPBS
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 16 Tamu online
Pengkajian Kentang Merah PDF Cetak E-mail
Kegiatan 2012 - Teknologi Spesifik Lokasi
Oleh Ir. Ahmad Damiri   
Minggu, 12 Februari 2012 19:54
Pengkajian Peluang Pasar Dan Teknologi Produksi Kentang Merah Spesifik Lokasi Dataran Tinggi Dan Medium Propinsi Bengkulu.

   
Sebagai daerah penghasil kentang, di Kabupaten Rejang Lebong saat ini banyak petani yang menanam Kentang Merah (diduga merupakan varietas Desiree, karena memiliki warna umbi merah) selain Granola. Pada umumnya, petani menanam kentang Granola karena pemasarannya sangat mudah. Saat ini sebagian petani mencoba menanam Kentang Merah, sehingga dari waktu kewaktu petani yang menanam Kentang Merah semakin banyak. Oleh karena itu Strategi yang harus ditempuh dalam upaya peningkatan pertanaman kentang kentang merah dalah pengembangan penanaman yang diarahkan ke dataran yang lebih rendah, yaitu dataran medium (300 sampai 700 m di atas permukaan laut) (Hamdani, 2009).

Pengembangan tanaman Kentang Merah di dataran medium hingga saat ini masih menghadapi beberapa kendala. Salah satu kendala utamanya adalah faktor lingkungan, khususnya suhu dan kelembaban. Oleh karena itu perlu dilakukan pengkajian untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil penanaman dari perlakuan jarak tanam dan pemupukan dengan kondisi lingkungan dataran medium, yang dicirikan oleh temperatur tinggi dan kelembaban udara rendah.

Lokasi : Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong Propinsi Bengkulu

KELUARAN
  • Diketahuinya peluang pasar Kentang Merah
  • Didapatnya teknologi Budidaya Kentang Merah Spesifik dataran Tinggi dan dataran medium di Kabupaten Rejang Lebong/Kepahiang Propinsi Bengkulu.

Peluang Pasar Dan Teknologi Produksi Kentang Merah Spesifik Lokasi Dataran Tinggi Dan Medium Provinsi Bengkulu  terdiri dari dua kegiatan pengkajian yaitu peluang pasar dan penerapan teknologi produksi.
  1. Peluang pasar dilakukan  guna : 1) mendapatkan gambaran kelayakan usahatani Kentang Merah yang menguntungkan, 2) melakukan penilaian pasar atas produk kentang di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, 3) alternatif pengembangan kentang Merah di Provinsi Bengkulu. Hasil kajian yang diharapkan gambaran tentang situasi pasar, potensi pasar, serta atribut-atribut kentang yang disukai konsumen. Informasi hasil kajian ini akan digunakan untuk menyusun strategi pemasaran bagi petani-petani kentang di Propinsi Bengkulu.
  2. Penerapan teknologi produksi dilakukan dengan : 1) pelaksanaan penanaman secara  partisipatif di lahan 4 orang petani kooperator di lahan dataran tinggi dan 4 orang petani kooperator di lahan dataran medium, 2) lahan petani sekaligus digunakan sebagai ulangan.
Pelaksanaan pengkajian dengan melibatkan petani sebagai kooperator, diharapkan akan terjadi proses pembelajaran kepada petani. Dengan cara ini, pengetahuan dan ketrampilan petani tentang budidaya untuk mendapatkan produksi Kentang Merah akan dapat ditiru/diadopsi oleh petani. Adanya proses adopsi ini, diharapkan akan  menstimulasi penerapan teknologi oleh petani di kawasan tersebut. 

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com