Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

satulayanan
web mail
Sinar Tani
kalender
SERBA SERBI
UPBS

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 12 Tamu online
Rekomendasi Kebijakan Pertanian :Kebijakan Pembangunan Ketahanan Pangan di Provinsi Bengkulu PDF Cetak E-mail
Program Utama - Rekomendasi Kebijakan Pembangunan Pertanian
Oleh Dr. Ir. Dedi Sugandi, MP   
Kamis, 24 Maret 2011 19:52
Hasil penelitian yang menyangkut analisis kebijakan pembangunan ketahanan pangan, utamanya di Provinsi Bengkulu masih sangat terbatas dan sampai saat ini belum dijumpai publikasi tentang itu. Disatu sisi, telah dilakukan kesepakatan bersama Gubernur/Ketua Dewan Ketahanan Pangan Provinsi mengenai perwujudan ketahanan pangan wilayah dan nasional. Kesepakatan dilaksanakan saat Konferensi Keta-hanan Pangan tahun 2008. Hasil  pengkajian diharapkan da-pat menjadi bahan informasi dalam penyusunan serta pe-nyempurnaan kebijakan pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu.

Penyusunan kebijakan pembangunan ketahanan pangan yang telah mengakomodasi pengalaman dan faktor-faktor kendala dalam pelaksanaannya diharapkan akan lebih mampu me-ningkatkan kinerja sektor pertanian, utamanya bidang ketahanan pangan. Hasil pengkajian ini juga diharapkan menjadi dasar pengkajian lebih lanjut, serta menjadi tam-bahan informasi mengenai kondisi dan potensi pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu.

Di Provinsi Bengkulu pertumbuhan sektor pertanian semakin meningkat dan semakin memegang peranan penting dalam perekonomian, hal itu mengindikasikan bahwa potensi pengembangan provinsi ini berada pada sektor pertanian (Priyotomo et al., 2004).  Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa sektor pertan-an masih merupakan andalan utama dalam program pembangunan ekonomi di Provinsi Bengkulu.  Sampai tahun 2006, sektor pertanian memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Bengkulu sebesar 40,07% (Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, 2007).

Sektor pertanian di Provinsi Bengkulu sebagian besar adalah pertanian rakyat dengan luas lahan pertanian yang terbatas dan terpencar pencar. Terbatasnya luas lahan garapan merupakan salah satu faktor masalah dalam pembangunan pertanian. Faktor penghambat lain yang sangat berperan dalam pembangunan pertanian Provinsi Bengkulu adalah keterbatasan sumberdana dan kemampuan teknis yang dimiliki petani. Keterbatasan keterbatasan tersebut menyebabkan sebagian besar petani setiap harinya hanya berkutat untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka, kenyataan tersebut menggiring mereka kurang memperhatikan dan berusaha untuk meningkatkan kinerja usahataninya.

Sesuai dengan prioritas pembangunan nasional, prioritas pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu adalah revitalisasi pertanian yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan meletakkan landasan yang kokoh bagi pembangunan ekonomi (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, 2008). Peran penting sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi terletak dalam beberapa hal sebagai berikut : (a) penopang pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, (b) penyedia kebutuhan pokok masyarakat, (c) penghasil devisa, (d) pendorong tumbuhnya sektor industri dan (e) pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan (Melor, 1995).

Peran sektor pertanian sangat strategis, selain sebagai pemasok devisa, sektor pertanian merupakan penghasil utama pangan. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya menjadi hak asasi setiap manusia. Selain itu, pangan memiliki peran penting dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan pembangunan, serta memiliki peran yang signifi-kan dalam perekonomian daerah dan nasional. Mengingat perannya yang begitu sentral, maka pembangunan ketahanan pangan posisinya sangat strategis.

Tujuan

  1. Mendapatkan gambaran tingkat konsumsi beras di Provinsi Beng-kulu.
  2. Mendapatkan gambaran potensi pangan lokal di Provinsi Bengkulu 
  3. Mendapatkan gambaran kebijakan pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu
  4. Mendapatkan alternatif rumusan kebijakan pembangunan keta-hanan pangan di Provinsi Bengkulu

Keluaran yang diharapkan
  1. Diperolehnya data tingkat konsumsi beras di Provinsi Bengkulu
  2. Diperolehnya data potensi pangan lokal di Provinsi Bengkulu
  3. Diperolehnya informasi kebijakan pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu
  4. Diperolehnya 1-2 alternatif rumusan kebijakan pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu


 
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com